DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 15:42 WIB

Fadli Zon Tuding Pemerintahan Amburadul, Tsamara Amany Sedih

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Fadli Zon Tuding Pemerintahan Amburadul, Tsamara Amany Sedih Ketua DPP PSI Tsamara Amany (Muhammad Ridho/detikco)
FOKUS BERITA: 4 Tahun Jokowi-JK
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menuding pemerintahan era Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla amburadul dalam empat tahun. Ketua DPP PSI Tsamara Amany sedih. Mengapa?

Tsamara awalnya menyebut yang gagal adalah oposisi. Dia menilai oposisi tak pandai memainkan peran sebagai pengkritik kebijakan berbasis data terhadap pemerintah.

"Bagi saya, yang gagal itu oposisi. Selama mereka berada di dalam DPR, mereka seperti hobi menjelek-jelekkan pemerintah tanpa basis data yang jelas. Selain itu, oposisi juga gagal menawarkan ide kebijakan alternatif. Oposisi yang tak substantif membuat wacana publik kita miskin," kata Tsamara saat dimintai konfirmasi, Senin (22/10/2018).


Tsamara menyebut Jokowi bekerja dengan membangun manusia. Dia mengatakan, sejak Jokowi memimpin, indeks pembangunan manusia terus meningkat hingga hari ini berada di angka 70,81.

"Kalau harga bahan pokok lagi yang diributkan, data terbaru yang dirilis per September menunjukkan inflasi justru menurun ke angka 2,9%. Belum lagi kita lihat angka kemiskinan dan angka pengangguran yang terus menurun," ucap Tsamara.


Di era Jokowi, Tsamara melanjutkan, masyarakat bisa melihat bagaimana nasionalisme terejawantahkan dalam pembangunan infrastruktur yang merata dari Sabang sampai Merauke. Tsamara meminta oposisi tidak menganggap remeh infrastruktur.

"Saudara-saudara kita di Papua merasakan kehadiran negara melalui infrastruktur. Saudara-saudara kita di perbatasan merasakan kehadiran negara melalui perbaikan pembangunan pos-pos di perbatasan," sebut dia.

Karena menganggap oposisi gagal dan tidak bisa memberi kritik yang membangun, Tsamara sedih. Dia juga menyesalkan politik yang terus diselimuti kebencian.

"Bagaimana bisa ada stimulus ekonomi kalau infrastruktur sebagai fondasi saja tak dibangun? Jadi saya sebenarnya sedih bahwa Pak Fadli dan kawan-kawan di Koalisi Adil dan Makmur ini miskin apresiasi dan tak mampu melihat secara objektif. Bertarung boleh, tapi jangan sampai hati kita dipenuhi kebencian," jelasnya.

Fadli Zon menyebut masih banyak kekurangan pada empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla (JK). Dia juga menyebut pemerintahan saat ini amburadul.

"Kekurangan banyak saya kira ya, kalau kekurangan sih banyak banget, di mana-mana terjadi kekurangan, harga-harga naik, daya beli lemah, kemudian masyarakat setiap kali saya tanya di mana-mana hidup ini makin susah atau makin mudah, pada umumnya mengatakan hidup ini makin susah," ujar Fadli.
(gbr/dnu)
FOKUS BERITA: 4 Tahun Jokowi-JK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed