DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 15:07 WIB

Begini Kelanjutan Dana Kemitraan Pasca Anies-Pepen Bertemu

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Begini Kelanjutan Dana Kemitraan Pasca Anies-Pepen Bertemu Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar jumpa pers soal kemitraan pengelolaan sampah, Senin (22/10/2018) Foto: Muhammad Fida-detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan mengkaji dana hibah yang diajukan Pemkot Bekasi. Anies menegaskan kerja sama kemitraan pengelolaan sampah tetap berlanjut.

"Nanti antar tim akan berdiskusi lebih detailnya dalam hari-hari ini. Rencananya Kamis akan bertemu untuk mendetailnya, tapi intinya semangat kerja bersama semangat kerja sama tidak berubah, sama sekali tidak berubah," kata Anies dalam jumpa pers bersama Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2018).

Anies mengatakan, pembangunan wilayah terintegrasi Jabodetabekjur harus dilakukan. Pembangunan ini akan meningkatkan roda perekonomian di masing-masing wilayah.





Soal dana hibah yang diajukan Pemkot Bekasi sebesar Rp 2 triliun, Anies hanya menyebut akan mendiskusikannya.

"Nanti kita diskusikan," jawabnya.

Dana hibah yang diajukan Pemkot Bekasi pada tanggal 15 Oktoober--sebagaimana tercatat dalam dokumen Biro Tata Pemerintahan DKI-- sebesar Rp 2,09 triliun.

Belakangan, Walkot Bekasi Pepen menganulir surat Plt Wali Kota Bekasi yang mengajukan hibah Rp 2,09 triliun. Pemkot Bekasi menurunkan angkanya menjadi Rp 1 triliun.

Dana itu ditujukan untuk sekolah terpadu, proyek lingkungan hidup, folder air, sarana olahraga, hingga sarana kesehatan.





Sementara Anies menyebut dana hibah diajukan Pemkot Bekasi terkait proyek flyover Rawa Panjang Rp 188 miliar, proyek flyover Cipendawa Rp 372 miliar, pembangunan crossing Buaran Rp 16 miliar, peningkatan fasilitas penerangan jalan umum Kota Bekasi Rp 5 miliar.

"Teman-teman kalau ada anggaran mungkin tidak Pemprov memproses tanpa ada perincian? Hanya dengan gelondongan begini? Tidak mungkin. (Jadi) Dimintai perinciannya, dan perincian itu tak kunjung datang," tutur Anies sebelum pertemuan di Balai Kota.


Simak Juga 'Di Tengah Polemik Sampah, Walkot Bekasi Datangi Kantor Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed