Switch Auto Pistol Peluru Nyasar Ditemukan di Lapangan Tembak

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 22 Okt 2018 13:25 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Kanavino-detikcom)
Jakarta - Polisi menyebut switch auto yang digunakan tersangka penembak peluru nyasar, IAW, merupakan barang hilang yang ditemukan petugas di Lapangan Tembak Senayan. Petugas selanjutnya menawarkan switch auto itu untuk dipasang di senpi glock 17 yang dipakai IAW.

"Jadi switch auto itu ditemukan di lapangan tembak dan sudah diumumkan siapa yang kehilangan dan sampai sekarang belum ditemukan yang mengakui siapa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (22/10/2018).





Keterangan itu didapatkan setelah polisi memeriksa petugas yang mendampingi IAW saat berlatih menembak. Argo mengatakan switch auto tersebut bukan barang yang disediakan di Lapangan Tembak Senayan.

"Tapi dia (petugas) kemudian diberikan kepada yang kemarin (tersangka I)," ujarnya.





Ketua Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) DKI Jakarta, Irjen Setyo Wasisto, sebelumnya menyebut adanya kelalaian petugas saat mendampingi tersangka IAW dan RMY berlatih menembak. Setyo mengatakan petugas seharusnya tak memperbolehkan tersangka menggunakan senpi dengan switch auto.

"Kalau dari organisasi nggak boleh. Iya (ada unsur kelalaian). Dari organisasi kami, Perbakin, itu pelanggaran karena aturannya nggak boleh senjata otomatis ada digunakan untuk olah raga," kata Setyo di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Jumat (19/10). (knv/fdn)