DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 11:47 WIB

Sandi Soal Aduan Videotron Jokowi-Ma'ruf: Masyarakat Bisa Menilai

Audrey Santoso - detikNews
Sandi Soal Aduan Videotron Jokowi-Maruf: Masyarakat Bisa Menilai Sandiaga Uno/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Jakarta - Calon Wakil Presiden 2019 Nomor Urut 02, Sandiaga Uno, menyerahkan proses penyelidikan atas dugaan pelanggaran kampanye melalui videotron Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Presiden Joko Widodo (Jokowi)- Kiai Ma'ruf Amin, ke Bawaslu. Menurut Sandi, masyarakat pun bisa menilai ada tidaknya pelanggaran.

"Pihak yang berwenang memproses. Juga jangan kita nafikan partisipasi masyarakat karena masyarakat lihat sendiri kok, iklan yang melanggar dan tidak melanggar," kata Sandiaga di Jalan Jenggala II Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (21/10/2018).

Sandi kemudian meminta masyarakat mengkoreksi kampanye kubunya. Sandi mengaku siap dilaporkan ke Bawaslu apabila masyarakat menemukan adanya dugaan pelanggaran dalam kegiatan kampanye pihaknya.

"Dan kami mohon dikoreksi juga kalau ada iklan Prabowo-Sandi yang melanggar. Tolong dilaporkan ke Bawaslu dan akan kami tindaklanjuti," ujar dia.



Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dilaporkan ke Bawaslu DKI karena iklan kampanye di videotron. Persidangan atas laporan tersebut sudah dimulai.

Selasa (16/10/2018), Bawaslu sudah menggelar sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan penyampaian pelapor. Namun sidang itu ditunda karena pelapor, warga bernama Syahroni, keberatan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai terlapor diwakili tim kampanye tingkat provinsi.

Pelapor ingin Jokowi-Amin hadir langsung ke sidang Bawaslu DKI. Atau, kalaupun diwakilkan, haruslah pihak yang memegang surat sebagai kuasa hukum Jokowi-Amin. Sedangkan yang hadir sidang hari ini adalah tim Jokowi-Amin yang memegang SK tim kampanye.


Simak Juga 'Jokowi Kampanye Pakai Videotron, Prabowo Juga Pengin':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed