DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 07:50 WIB

Parpol Pendukung Bela Anies Jawab Kritikan Walkot Bekasi

Herianto Batubara, Ibnu Hariyanto, Niken Purnamasari - detikNews
Parpol Pendukung Bela Anies Jawab Kritikan Walkot Bekasi Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom)
FOKUS BERITA: Kisruh Truk Sampah DKI
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kritikan dari Wali Kota Bekasi Rahmat 'Pepen' Effendi terkait polemik sampah dan menyebut sulitnya berkomunikasi dengan Anies dan jajarannya. Gerindra memberikan pembelaan selaku parpol pendukung Anies di Pilgub DKI 2017.

Pepen mengklaim, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies dana hibah ke Pemkot Bekasi yang belum cair. Dia meminta dana hibah itu segera dicairkan atau kerja sama Bekasi dengan DKI dihentikan.


"Sejak gubernurnya (DKI) baru, jangankan untuk bantuan awal pemerintahan, komunikasi saja seolah-olah berhubungan dengan tujuh lapis langit," kata Kang Pepen, saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/10).

Pepen menuding Pemprov DKI tidak kooperatif menyelesaikan kewajiban kerja sama. Ia menyebut Anies tidak peduli dengan Pemkot Bekasi dan rakyat Bantargebang.

Walkot Bekasi Rahmat 'Pepen' Effendi/Walkot Bekasi Rahmat 'Pepen' Effendi. (Foto: Rengga Sancaya)

"Kita hanya ingin menyampaikan bahwa ada kewajiban-kewajiban DKI yang tersirat dalam PKS (perjanjian kerja sama) dan itu sudah berjalan seolah-olah dianggap tidak ada, melalui surat tidak ada respons, peringatan komunikasi dengan surat kembali juga tidak direspons," ujar Pepen menyesalkan.


Gerindra tidak terima Anies dituding sulit diajak berkomunikasi bagai tujuh lapis langit. Gerindra meminta Pepen tidak hiperbola alias berlebihan.

"Saya sarankan wali kota Bekasi agar tidak menggunakan bahasa yang hiperbola untuk urusan yang menyangkut kedinasan," cetus Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman kepada detikcom, Sabtu (20/10).


Gerindra pun mengklaim punya bukti kuat bahwa Pemprov DKI sudah mencairkan dana sebesar Rp 194 miliar pada Pemkot Bekasi. Gerindra mengaku punya bukti Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) berkop Pemprov DKI.

"Sudah dicairkan Rp 194 M bantuan keuangan pada Mei 2018 diterima Plt Wali kota Bekasi Ruddy Gandakusumah," kata Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif dalam kesempatan terpisah kepada detikcom, Sabtu (20/10).


Simak Juga 'Anies Telah Hibahkan Rp 194 M ke Bekasi Terkait Sampah':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/fai)
FOKUS BERITA: Kisruh Truk Sampah DKI
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed