DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 19:46 WIB

Hanum Rais Dilaporkan ke PDGI soal Hoax Ratna, PAN Membela

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Hanum Rais Dilaporkan ke PDGI soal Hoax Ratna, PAN Membela Foto: Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. (dok. pribadi).
Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) mempelajari secara seksama laporan terkait berita hoax yang dikaitkan dengan Hanum Rais. Sebab, menurut Saleh, PDGI tidak dapat memproses karena Hanum adalah korban.

"Ratna Sarumpaet sudah mengaku berbohong. Itu disaksikan semua orang. Dengan pengakuan itu, otomatis Hanum adalah bagian dari korban. Tentu tidak adil jika kesalahan orang lain ditimpakan kepada Hanum," kata Saleh dalam keterangannya, Sabtu (20/10/2018).


Wasekjen PAN itu menekankan PDGI adalah organisasi profesi independen yang tidak berafiliasi kepada salah satu partai politik atau kekuatan politik tertentu. Karena itu, dia meminta PDGI berhati-hati untuk memproses laporan ini.

Sebab, katanya, jangan sampai laporan ini justru memiliki motif politik yang tersembunyi. Jika begitu, tentu tidak baik bagi pengembangan organisasi PDGI ke depan.

"Lagian, salah satu tugas pokok organisasi profesi itu adalah melindungi anggotanya. Termasuk di antaranya melakukan pembinaan secara teratur dan berkala kepada seluruh anggotanya," ujarnya.

Saleh juga menilai dugaan pelanggaran etik tidak relevan diperpanjang lagi. Sebab, sesaat setelah Hanum mengetahui dirinya menjadi korban berita bohong, Hanum langsung meminta maaf secara terbuka kepada publik.

"Terkait dugaan pelanggaran etik, saya kira tidak relevan lagi diperpanjang. Sebab, sesaat setelah Hanum mengetahui dirinya menjadi korban berita bohong, dia langsung meminta maaf secara terbuka kepada publik. Secara etis, permintaan maaf itu adalah bagian dari kebesaran jiwa Hanum yang perlu diapresiasi," tuturnya.


Hanum Rais sebelumnya diadukan ke PB PDGI terkait hoax Ratna Sarumpaet. Putri Amien Rais itu dinilai ikut menyebarkan hoax penganiayaan Ratna.

"Hari ini kami laporkan Ibu Hanum Rais kepada PDGI, organisasi resmi menaungi kedokteran gigi Indonesia. Sudah diakui Bapak Ketua (PDGI), dokter Hananto Seno, bahwa ibu dokter Hanum Rais anggota cabang PDGI Kota Yogyakarta," ujar Ketua Umum Syarikat 98 Hengky Irawan setelah mengadukan Hanum Rais di kantor PB PDGI, Jl Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (19/10).


(idh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed