DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 12:03 WIB

4 Tahun Jokowi-JK, PDIP Soroti soal Optimisme Bangsa

Tsarina Maharani - detikNews
4 Tahun Jokowi-JK, PDIP Soroti soal Optimisme Bangsa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: 4 Tahun Jokowi-JK
Jakarta - PDIP menilai 4 tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla telah membangkitkan optimisme. Di samping itu, PDIP melihat beragam prestasi yang telah ditorehkan.

"PDI Perjuangan lebih menyoroti watak dan kepribadian pemimpin sebagai faktor dominan bagi bangkitnya optimisme bangsa," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/10/2018).



Hasto menyebutkan soal maraknya pembangunan infrastruktur selama kepemimpinan Jokowi-JK. Infrastruktur itu kemudian mempermudah mobilisasi.

"Dalam perspektif kebudayaan, infrastruktur itu memperkuat rasa percaya diri, optimisme, dan membangun budaya kerja Indonesia berprestasi," ujar Hasto.

Dia juga mengungkit awal pemerintahan Jokowi-JK yang bisa dibilang tak punya kaki di kursi pimpinan DPR. Namun perlahan Jokowi-JK merangkul semua kubu.

"Peningkatan keadaban politik terpenting Pak Jokowi adalah menghadirkan kekuasaan di rumah-rumah rakyat melalui tradisi blusukan, program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, program e-Warung, sertifikasi tanah untuk rakyat, dan program kerakyatan lainnya," papar Hasto.

Menurut Hasto, Jokowi mampu membuat masyarakat antusias terhadap pembangunan yang dilakukan. Selain itu, ujarnya, Jokowi seakan tanpa jarak ketika bertemu dengan warga.

"Pak Jokowi sangat menghargai proses. Menguatnya rasa percaya diri bangsa di dunia internasional," sebut dia.

(bag/hri)
FOKUS BERITA: 4 Tahun Jokowi-JK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed