DetikNews
Sabtu 20 Oktober 2018, 09:11 WIB

Laporan Dari Singapura

Diinisiasi Indonesia, ASEAN Setuju 'Our Eyes' untuk Lawan Terorisme

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Diinisiasi Indonesia, ASEAN Setuju Our Eyes untuk Lawan Terorisme Foto: Fida/detikcom
Singapura - Menteri Pertahanan se-ASEAN menyepakati konsep yang diinisiasi oleh Menhan Ryamizard Ryacudu untuk melawan terorisme. Negara-negara ASEAN menyepakati untuk menggunakan konsep 'Our Eyes' yang bertujuan untuk saling berbagi informasi antar negara dalam memerangi teroris.

Kesepakatan tersebut disampaikan saat ASEAN Defense Minsiters' Meeting (ADMM) Plus di Hotel Shangrila, Singapura, Sabtu (20/10/2018). Menhan Singapura Ng Eng Hen, sebagai tuan rumah, mengatakan penggunaan 'Our Eyes' disepakati oleh semua Menhan yang hadir.


"Ada persetujuan dari negara-negara ASEAN untuk memberikan bantuan dalam memerangi Terorisme. Anggota ASEAN sepakat menggunakan konsep 'Our Eyes' dari Indonesia sebagai upaya memerangi terorisme," kata Ng Eng Hen.

Konsep 'Our Eyes' sudah diinisiai oleh Menhan Ryamizard Ryacudu sejak tahun lalu. Pada awal tahun 2018, tiga negara ASEAN yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand telah sepakat menggunakan konsep tersebut.


Ryamizard berharap konsep 'Our Eyes' dapat digunakan secara efektif untuk memerangi terorisme. Dia berharap konsep tersebut juga bisa diselaraskan dengan konsep Trilateral Indomalphi yang sudah dijalankan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya.

"Indonesia berharap konsep ini dapat diselaraskan dengan konsep Trilateral Indomalphi dan kerja sama 'Our Eyes' yang telah kita sepakati hari ini," jelasnya.

Pada pertemuan ADMM-Plus hari ini, enam negara lain di luar ASEAN juga ikut hadir. Negara tersebut adalah Australia, China, Japan, Malaysia, New Zealand, Korea Selatan yang akan membicarakan isu-isu kemananan dengan negara-negara ASEAN.
(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed