DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 18:14 WIB

Anies Targetkan ITF Sunter Olah Sampah 2 Ribu Ton Per Hari

Indra Komara - detikNews
Anies Targetkan ITF Sunter Olah Sampah 2 Ribu Ton Per Hari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan Intermediate Treatment Facility (ITF) atau fasilitas pengolahan sampah di Sunter, Jakarta Utara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan ITF Sunter bisa mengolah sampah sampai 2 ribu ton dalam satu hari.

"Fase pertama ini diharapkan bisa menampung 2 ribu ton per hari," kata Anies kepada wartawan di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).

Anies menerangkan jumlah sampah di Jakarta bergantung pada musim tertentu. Dari data yang didapat, sampah di Jakarta berkisar 8.000 ton setiap hari.

"Jadi sampah di Jakarta ini berkisar antara 7.000 hingga 8.000 ton per hari. Range-nya tergantung musim dan lain-lain, kita di tempat yang pertama yang di Sunter insyaallah bisa mengolah 2.000 ton," ujar Anies.





ITF Sunter, ditegaskan Anies, menjadi salah satu cara menyelesaikan permasalahan pengolahan sampah di Jakarta.

Sementara itu, soal kisruh dengan Pemkot Bekasi mengenai truk sampah, Anies masih akan melakukan pengecekan. Pemprov DKI dan Pemkot Bekasi terus berkoordinasi.

"Intinya adalah kita akan menunaikan semua yang menjadi kewajiban dan sebenarnya semua yang di dalam kesepakatan sudah dijalankan sejak bulan Juni, kemarin jadi kalau dibilang ada yang belum saya tidak mau buru-buru bantah saya akan cek," kata Anies.



(idn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed