DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 18:05 WIB

Alasan Gerindra Dukung Dana Saksi Dibayar APBN: Bantu Partai Baru

Tsarina Maharani - detikNews
Alasan Gerindra Dukung Dana Saksi Dibayar APBN: Bantu Partai Baru Ahmad Riza Patria (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Gerindra menyatakan mendukung pembiayaan saksi partai di Pileg 2019 dianggarkan dalam APBN. Menurut Gerindra, pembiayaan itu bisa meminimalkan konflik dan kecurangan di TPS.

"Untuk memastikan semuanya berjalan terbuka, jujur, adil, dan semua partai mendapatkan C1 hasil pemungutan suara di TPS. Itu kami yakin akan mengurangi, bahkan menghilangkan, konflik bentuk kecurangan dan manipulasi," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria dalam perbincangan, Jumat (19/10/2018).


Riza beralasan tak semua partai--khususnya partai baru peserta pemilu--mampu membiayai saksi. Menurut dia, pembiayaan saksi lewat APBN menghadirkan rasa keadilan bagi seluruh parpol.

"Kami tidak hanya memikirkan partai yang ada di parlemen, tapi juga memikirkan partai yang baru supaya adil merata. Kalau Gerindra sih insyaallah memiliki dana untuk saksi, sekalipun tidak ada bantuan dari APBN. Kami sudah siapkan dari sumber daya caleg-caleg dan partai," tuturnya.

"Tapi kan kami tidak hanya memikirkan partai sendiri, tapi juga partai lain demi demokrasi," imbuh Riza.


Usulan dana saksi partai itu datang dari Komisi II DPR yang bermitra dengan KPU dan Bawaslu. Menurut Badan Anggaran (Banggar) DPR, usulan dana saksi itu sebesar Rp 3,9 triliun.

"Ya, memang kalau saya lihat itu pengajuannya Rp 3,9 triliun," kata Ketua Banggar Aziz Syamsuddin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/10).
(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed