DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 15:32 WIB

Jurnalis Demo Kedubes Saudi di Jakarta soal Kasus Khashoggi

Azizah Rizki - detikNews
Jurnalis Demo Kedubes Saudi di Jakarta soal Kasus Khashoggi Puluhan jurnalis dari Wartawan Freelance Indonesia menggelar aksi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi. (Azizah/detikcom)
Jakarta - Puluhan jurnalis dari Wartawan Freelance Indonesia menggelar aksi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi. Aksi ini sebagai wujud solidaritas para jurnalis terhadap kasus hilangnya jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

"Kami meminta Arab Saudi menjelaskan kepada publik dan bertanggung jawab apa yang terjadi pada Jamal Khashoggi. Kerjaan Arab Saudi harus bisa menjelaskan kepada publik, kepada kami, kawan-kawan tentang keberadaan Jamal Khashoggi," kata koordinator aksi Fira Abdurrahman dari AJI Jakarta di Kedutaan Besar Arab Saudi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).


Aksi dimulai sekitar pukul 14.05 WIB dan berakhir pada kukul 14.57 WIB. Para jurnalis ini menuntut Pemerintah Arab Saudi segera mengusut kasus hilangnya Khashoggi. Mereka juga meminta pemerintah Indonesia turun tangan dan mendesak Arab Saudi segera bertindak.

"Indonesia harusnya punya bargain tertinggi, kita punya haji yang banyak, harusnya Pemerintah Indonesia meminta Kerajaan Arab Saudi memberikan pernyataan secara publik," ujar Fira.


Para jurnalis ini membawa poster yang menyuarakan aspirasi mereka tentang kasus Jamal Khashoggi, di antaranya 'Usut Tuntas Hilangnya Jamal Khashoggi', 'Journalism is Not A Crime', dan 'Justice for Jamal'. Mereka juga melepas kartu pers dan mengumpulkannya di atas selembar karton bertulisan 'Where Are You Khashoggi? Journalism Is Not A Crime' sebagai wujud solidaritas.

"Karena apa yang dilakukan Jamal Khashoggi adalah menyuarakan kebenaran. Di mana Jamal Khashoggi? Apakah dia mati terbunuh atau ditawan di Kedutaan Arab Saudi di Turki? Usut tuntas apa yang terjadi terhadap Jamal Khashoggi!" kata salah satu orator, Donal Husni.

Jurnalis Demo Kedubes Saudi di Jakarta Soal Kasus KhashoggiPuluhan jurnalis dari Wartawan Freelance Indonesia menggelar aksi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi. (Azizah/detikcom)
"Kebebasan pers, kebebasan berbicara adalah hak warga negara. Dan kedutaan, konsulat jenderal bukan tempat pembunuhan. Sekali lagi, apa yang terjadi pada Jamal Khashoggi bisa terjadi di negeri ini. Free journalist free!" lanjut Donal.


Fira mengatakan akan terus mengawal kasus ini hingga kebenaran kasus Khashoggi terkuak.

Khashoggi, yang seorang jurnalis dan kolumnis The Washington Post, menghilang secara misterius setelah masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Kekhawatiran semakin memuncak bahwa Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi. Otoritas Saudi berulang kali membantah terlibat kasus hilangnya Khashoggi.




Tonton juga 'Trump Akhirnya Yakin Jamal Khashoggi Telah Tewas':



(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed