DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 15:02 WIB

PPP soal Dana Kelurahan Jokowi: Bukan Janji Tahun Politik

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PPP soal Dana Kelurahan Jokowi: Bukan Janji Tahun Politik Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo berjanji mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa di 2019. PPP menyebut janji itu sesuai aspirasi rakyat, bukan karena tahun politik.

"Itu berdasarkan aspirasi dari kelurahan yang juga masuk ke Komisi II. Karena selama ini terjadi kecemburuan antara kelurahan dan desa. Desa ada dana tersendiri yang diamanatkan UU sementara kelurahan tidak dialokasikan," ujar Wasekjen PPP Achmad Baidowi atau Awiek, Jumat (19/10/2018).



Awiek merupakan anggota Komisi II DPR. Dia lalu bicara mengenai beda proses pencairan Dana Desa dan Dana Kelurahan yang masih diwacanakan.

"Maka dari itu mekanisme pencairan Dana Kelurahan tidak seperti Dana Desa. Dana Kelurahan harus masuk ke APBD melalui DAK (dana alokasi khusus) sementara Dana Desa langsung masuk ke rekening desa," sebut Awiek.



Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu menegaskan dana kelurahan bebas unsur politik. Menurutnya, Dana Kelurahan murni aspirasi rakyat.

"Jadi ini bukan soal janji tahun politik tapi lebih pada perlakuan yang sama dari negara kepada kelurahan dan desa," tegas Awiek.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku banyak mendapat keluhan terkait dana untuk tingkat kelurahan. Untuk itu, tahun depan dia akan mengeluarkan kebijakan Dana Kelurahan dan Dana Operasional Desa.

Jokowi mengatakan, saat ini payung hukum untuk regulasi itu tengah dikaji. Diperkirakan, dana operasional desa akan diambil dari Dana Desa sebanyak 5 persen.

"Tahun depan akan ada dana kelurahan. Karena banyak yang tanya ke saya, 'Pak ada Dana Desa, untuk kelurahan bagaimana Pak?' Ya sudah, tahun depan akan ada Dana Kelurahan," kata Jokowi.
(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed