DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 14:50 WIB

Selain Jokowi, Prabowo Juga Masuk 500 Muslim Berpengaruh Sedunia

Danu Damarjati - detikNews
Selain Jokowi, Prabowo Juga Masuk 500 Muslim Berpengaruh Sedunia Prabowo Subianto (Facebook Prabowo Subianto)
Jakarta - Tak hanya calon presiden Joko Widodo, nama capres Prabowo Subianto juga masuk dalam daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019. Prabowo bahkan masuk dalam daftar nama yang sering muncul di media sosial kalangan muslim.

Dilansir dari situs resmi The Muslim 500, diakses detikcom pada Jumat (19/10/2018), nama Prabowo masuk dalam Daftar 450 Nama (The Final 450) kategori politik. Adapun Jokowi masuk dalam kategori 50 teratas (The Top 50).

Berbeda dengan kategori 50 teratas yang disusun lengkap dengan peringkat, tak ada urutan dalam kategori 450 nama ini. Adapun di daftar 450 ini, semua nama dibagi dalam kategori-kategori tertentu. Ada kategori keilmuan, politik, administrasi hubungan agama, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, hingga ekstremis.



Nama Prabowo Subianto (Subianto, Lt Gen Prabowo) masuk dalam kategori politik dalam negara Indonesia. Prabowo disebut sebagai Letjen Purnawirawan yang menjadi politikus. Dia mencalonkan diri sebagai wapres pada 2009 dan menjadi caapres pada 2014. Masa lalu militer Prabowo menyebabkan reaksi beragam dari pelbagai organisasi. Setelah kalah di 2014, dia kembali mencapres pada 2019.

Ada pula dalam kategori politik Indonesia di 450 nama, yakni Megawati Soekarnoputri yang merupakan putri Presiden Sukarno. Megawati disebut pernah menjadi Presiden Indonesia pertama dari kalangan perempuan, dan disebut sebagai perempuan keempat di dunia yang menjadi pemimpin bangsa mayoritas Muslim.

Masuk juga nama Anis Matta, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia disebut telah berbicara soal pentingnya dialog antaragama dan berkampanye atas dasar nilai-nilai konservatif.



Dalam Lampiran II, nama Prabowo muncul lagi. Kategorinya adalah 'Statistik Media Sosial Teratas dari The Muslim 500'. Daftar ini menampilkan nama-nama paling populer di Facebook, Twitter, dan Instagram dari akun-akun muslim.

Dalam kategori medsos ini, Prabowo ada di urutan ke-32 dari 35 nama. Nomor satu ditempati oleh Salman Khan dari India, disusul Shahrukh Khan, Zayn malik, dan Mesut Ozil. Di bawah Ozil dan di atas Prabowo masih ada nama-nama tenar seperti Paul Pogba, Maher Zain, Tecep Tayyip Erdogan, hingga Zinedine Zidane.

Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, bermarkas di Amman, Yordania. Mereka merumuskan bahwa muslim berpengaruh adalah muslim yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Dampak ini bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi masuk dalam kategori 50 muslim teratas (The Top 50) dalam daftar ini. Jokowi ada di peringkat ke-16. Selain Jokowi, ada pula dua nama orang Indonesia lain dalam The Top 50, yakni Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di urutan 20, dan Ulama/Ketua Umum MUI Jawa Tengah Habib Luthfi Yahya di urutan 37.




Tonton juga 'Banyak Pengusaha Dukung Jokowi, Sandi: Kita Tak Perlu Cengeng':

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +