DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 14:29 WIB

Perbakin Tak Ingin Lapangan Tembak Senayan Direlokasi Total

Nur Azizah - detikNews
Perbakin Tak Ingin Lapangan Tembak Senayan Direlokasi Total Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (tengah) di rekonstruksi kasus peluru nyasar ke DPR. (Kanavino-detikcom)
Jakarta - Ketua Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) DKI Jakarta, Irjen Setyo Wasisto tak keberatan dengan wacana relokasi Lapangan Tembak Senayan. Namun, ia meminta wacana relokasi itu dikaji lebih dalam lagi.

"Saya sampaikan kalau direlokasi, saya tidak keberatan, tetapi mohon dikaji mendalam. Tetapi kalau untuk tembak sasaran yang sudah ada itu saya kira nggak perlu dipindah. Yang dipindah yang tembak reaksi aja," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).


Permintaan untuk mengkaji lebih dalam wacana relokasi itu disampaikan Setyo melalui salah satu pengurus Perbakin. Pada Selasa (16/10) lalu, pengurus Perbakin tersebut bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di sisi lain, Setyo mengaku sudah pernah mengusulkan dibangunnya lapangan tembak sendiri untuk DKI. Sebab, Lapangan Tembak Senayan berstatus milik Gelora Bung Karno dan dikelola oleh PB Perbakin.

"Waktu itu saya minta kepapa Pak Anies untuk difasilitasi pemprov, 'Perbakin DKI ini nggak punya lapangan tembak, tolong diberikan lahan, dan kalau bisa dibangunkan sekalian'," ujarnya.


Atas permintaannya itu, kata Setyo, Anies bersedia untuk mengkaji dan menawarkan beberapa alternatif lokasi. Salah satunya di Kawasan Jagakarsa.

"Sudah memberikan beberapa alternatif, tapi alernatif itu tidak memungkinkan. Misalnya kita diberikan luasnya hanya sekitar 3.000 meter, itu kan nggak cukup," kata Setyo.

Terkait anggaran, Kadiv Humas Polri itu berharap Pemprov DKI dapat menganggarkan pembangunan lapangan tembak yang baru jika nantinya direlokasi. Namun pihaknya juga siap mencari dana dari donatur yang tidak mengikat.

"Kita lagi minta data lagi ke pemprov kira-kira mana yang akan ditawarkan ke kita nanti kita akan kaji, layak nggak jadi lapangan tembak," ujarnya.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Lapangan Tembak Senayan akan direlokasi. Lapangan tembak direlokasi karena berisiko terhadap lingkungan sekitar.

"Kami melihat bahwa tempat ini memang punya risiko yang besar. Karena itu, lebih baik berada di tempat yang bebas dari risiko untuk kegiatan tembak-menembak. Karena latihan-latihan di situ punya potensi," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).

"Dan tadi saya lihat datanya. Ternyata memang ini bukan insiden pertama atau kedua, bahkan sudah berkali-kali terjadi. Jadi kemungkinan besar ujungnya akan ada relokasi," lanjut dia.




Tonton juga 'Soal Peluru Nyasar, Wenny Warouw Minta Perbakin Tanggung Jawab!':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed