DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 14:13 WIB

Inovasi Karya Desa Dipamerkan di GWK Bali

Nabila Nufianty Putri - detikNews
Inovasi Karya Desa Dipamerkan di GWK Bali Foto: Dok Kemendes
Bali - Kementerian Desa PDTT dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri mengadakan acara kegiatan Temu Karya Nasional XX. Acara yang bertujuan untuk memamerkan hasil karya desa dan membangun semangat kompetisi agar dapat ditiru oleh desa lainnya.

"Untuk infrastruktur yang sudah cukup baik, menurut beliau (Jokowi) sudah saatnya dana desanya dipakai untuk memberdayakan masyarakat desa dan ekonomi," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, Jumat (19/10/2018).


Ia melanjutkan, perkembangan ekonomi juga memerlukan pendampingan, sehingga ia mengungkapkan juga mengadakan program inovasi desa di 434 kabupaten.

"Dan itu data dari teman-teman, lokasi-lokasi tersebut kita dokumentasikan, 30 ribu dokumentasi dalam bentuk tulisan dan video, sehingga bisa di download dan di-share oleh desa yang lainnya," ungkap Eko.

Ia memaparkan bahwa hal tersebut penting dalam acara show case ini agar masyarakat lebih mudah menerima informasi. Karena masyarakat bisa langsung bertemu dengan pembuat inovasi dan pemberdayaan ekonomi lainnya, hingga melakukan sesi tanya jawab.

Acara pembukaan kegiatan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018 dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo yang juga didampingi istri.

Inovasi Karya Desa Dipamerkan di GWK BaliFoto: Dok Kemendes

Kegiatan Temu Karya Nasional ini berlangsung sangat meriah di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali dengan berbagai hiburan.


Diketahui, acara kegiatan Temu Karya Nusantara ini sudah dilakukan Kemendes secara empat kali di beberapa daerah di indonesia dan keempat ini di Bali.

"Nantinya (acara ini) kalau tidak salah akan diadakan di Bengkulu," ungkap Eko.

Dalam acara ini, turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Bali I Wayan Koster dan beberapa kepala daerah dan pimpinan legislatif dari berbagai daerah Indonesia.

Untuk mengetahui informasi lainnya dari Kemendes PDTT, klik di sini.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed