DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 13:20 WIB

Laporan Dari Singapura

Menhan Ryamizard Sepakati Kerja Sama dengan ASEAN Lawan Teroris

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Menhan Ryamizard Sepakati Kerja Sama dengan ASEAN Lawan Teroris Foto: Pertemuan Menhan Se-ASEAN di Singapura (Fida-detik)
Singapura - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyepakati kerja sama dalam bidang penanganan terorisme dengan negara ASEAN. Kesepatan kerja sama dituangkan dalam pertemuan dengan Menhan se-ASEAN di Singapura.

Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN atau ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) Ke-12 digelar di Hotel Shangrila, Singapura, Jumat (19/10/2018). Hadir dalam pertemuan tersebut seluruh Menhan dari seluruh negara ASEAN.



Ryamizard sepakat membangun kerja sama pertahanan antar negara ASEAN tersebut. Ryamizard mengatakan Menhan se-ASEAN menyepakati akan mengadopsi "Our Eyes" yang diinisiasi oleh Indonesia sebagai platform berbagi informasi.

"Saya mengharapkan agar konsep ini dibahas secara komprehensif dan mendalam agar dapat memperkuat inisiatif lain yang ada di ASEAN serta sub regional ASEAN," jelas Ryamizard.



Ryamizard mengatakan konsep "Our Eyes" akan sangat membantu negara-negara ASEAN dalam memerangi terorisme. Dia menuturkan sifat alamiah terorisme tidak mengenal batas negara, agama, hingga korban sehingga cocok untuk diterapkan.

"Sifat alamiah dari ancaman tersebut adalah tidak mengenal batas negara, tidak mengenal agama, tidak mengenal waktu serta tidak memilih korbannya," sebut Ryamizard.

Sementara itu, Menhan Singapura Ng Eng Hen, selaku tuan rumah, memimpin kesepakatan kerja sama dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan ASEAN. Dia mengatakan kerja sama akan sangat berguna untuk memerangi terorisme di ASEAN.

"Kami sepakat untuk berbagi ahli untuk menghadapi tantangan dalam memerangi terorisme," kata Ng Eng Hen.



(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed