Jokowi Ingatkan Masyarakat Jangan Kedepankan Ego Sektoral

Ray Jordan - detikNews
Jumat, 19 Okt 2018 13:14 WIB
Foto: Presiden Jokowi. (dok Biro Setpres)
Badung - Presiden Joko Widodo bicara soal keberagaman daerah di Indonesia. Namun, dia meminta agar masyarakat tidak mengedepankan prinsip ego sektoral.

Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara besar yang memiliki ribuan pulau dan ratusan pemerintahan daerah. Tapi, masih banyak pihak yang tidak menyadari hal ini.

"Saya ingatkan negara ini adalah negara besar, perlu saya ulang-ulang karena banyak yang belum menyadari. Negara ini adalah negara besar. Negara yang memiliki 17 ribu pulau, 34 provinsi, 514 kabupaten/kota. Penduduk sekarang 263 juta," kata Jokowi.


Jokowi menyampaikan itu saat menghadiri Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Kuta Selatan, Badung, Bali, Jumat (19/10/2018).

Selain itu, kata Jokowi, Indonesia juga memiliki banyak suku dan bahasa daerah. Agama dan perbedaan adat juga beragam di Indonesia.

"Ini yang harus disadari bersama. Sekali lagi, ini adalah negara besar. 1.100 lebih bahasa daerah itu banyak sekali. Perbedaan warna-warni kelihatan dalam tarian. Inilah negara kita Indonesia," katanya.


Untuk itu, Jokowi mengingatkan masyarakat jangan ada yang mengedepankan egoisme kedaerahan. Sebaiknya, keberagaman yang ada harus disatukan.

"Jangan sampai ada ego provinsi, ego sektoral, ego kedaerahan. Karena kita ada dalam bingkai NKRI. Kalau kekuatan ini bisa kita satukan, kita akan punya potensi yang sangat besar. Aset terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kerukunan," tegasnya.




Tonton juga 'Banyak Pengusaha Dukung Jokowi, Sandi: Kita Tak Perlu Cengeng':

[Gambas:Video 20detik]

(jor/idh)