DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 13:01 WIB

Kendaraan di Pelabuhan Merak Macet Sejak Dini Hari

M Iqbal - detikNews
Kendaraan di Pelabuhan Merak Macet Sejak Dini Hari Foto: Penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak (Iqbal-detik)
Cilegon - Penumpukan kendaraan terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, sejak dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Antrean kendaraan akibat pengurangan jumlah kapal.

Antrean kendaraan tidak biasa terjadi pada hari-hari biasa di Pelabuhan Merak. Beberapa hari belakangan, terlihat penumpukan kendaraan yang dipenuhi oleh truk-truk besar.

Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Rudi Mahmudi mengatakan, kepadatan terjadi akibat pengurangan jumlah kapal. Terlebih, dermaga yang beroperasi hari ini hanya 5 dermaga.

"Pertama dengan pola 5 dermaga itu masing-masing dermaga cuma 5 kapal sekarang yang sebelumnya 6 kapal menjadi 5, kapal yang beroperasi 25, minimalnya kan 30 dari 5 dermaga itu," kata Rudi saat dikonfirmasi, Jumat (19/10/2018).



Jika kepadatan itu terus berlanjut dalam waktu tiga hari ke depan. Maka, pihak ASDP akan meminta kepada Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) untuk menambah jumlah kapal yang beroperasi.

Pasalnya, kebijakan jadwal kapal ada di wilayah OPP. Ia mengatakan, pihaknya meminta untuk mengevaluasi jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak.



"Sebetulnya dari ASDP itu menginginkan satu dermaga itu ada 6 kapal, namun kebijakannya itu 5 kapal. Baru-baru ini aja, apabila sampai 2-3 hari seperti ini kondisinya otomatis ASDP minta evaluasi," ujarnya.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed