DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 11:47 WIB

Zulhas Saran Capres-Cawapres Adu Pemikiran dengan Profesor Kampus

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Zulhas Saran Capres-Cawapres Adu Pemikiran dengan Profesor Kampus Ketum PAN Zulkifli Hasan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - KPU melarang kandidat Pilpres 2019 berkampanye di tempat pendidikan, termasuk kampus. Ketum PAN Zulkifli Hasan menyarankan agar pasangan capres-cawapres diberi kesempatan beradu pemikiran dengan profesor-profesor kampus.

"Nah ini ya. Memang pendidikan kita setuju tidak boleh. Tapi kan kalau pendidikan ndak boleh, orang sewa di lapangan sebelahnya kan. Kan jadi boleh. Nah sebetulnya kita menipu diri sendiri juga tuh, ini di ruang aula kampus nggak boleh. Orang yang sama kita pindahin ke sebelahnya, boleh," kata Zul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Menurut Zul, aturan larangan berkampanye di kampus tak ada artinya jika peserta kampanye--dalam hal ini mahasiswa--dipindahkan ke lokasi di luar kampus. Sebaiknya, lanjut dia, para kandidat diberi kesempatan menyampaikan ide-ide mereka kepada profesor di kampus-kampus.


Meski demikian, Zul menegaskan dirinya menghormati aturan yang melarang kampanye di tempat pendidikan dan ibadah.

"MPR nggak boleh, sebelah situ ada gedung, boleh pindah ke situ, sama aja kan. Saya sebetulnya lebih kepada... mestinya kandidat-kandidat itu terbuka dong. Tarung sama profesor-profesor di kampus itu, ya nggak. Ini bener nggak pikiran-pikirannya. Tapi kan sudah aturan, ya sudah kita ikuti aja," ucapnya.


Zul lanjut ditanyai soal prioritas kampanye kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ketua MPR itu menyebut Pulau Jawa akan sangat berpengaruh bagi kemenangan di Pemilu 2019.

"(Prioritas) Jawa. Jawa kan, yang bisa naklukkan Jawa menang. Jadi tentu Jawa, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Banten. Karena Jawa itu 60%, Jawa itu 62%," pungkas Zul.




Tonton juga 'Disoraki di Kampus, Zulkifli: Mahasiswa Memang Gitu':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed