DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 10:27 WIB

JK Hadiri KTT Asia-Eropa di Belgia, Bahas Terorisme-Keamanan Siber

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Hadiri KTT Asia-Eropa di Belgia, Bahas Terorisme-Keamanan Siber Foto: JK duduk bersebelahan dengan pemimpin delegasi negara India dan Irlandia di pembukaan Asia Eropa Meeting (ASEM) Summit ke 12 di Gedung Europe, Brussels, Belgia. (dok. Istimewa)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Europe Meeting (KTT ASEM) ke-12 di Brussels, Belgia. Isu terorisme keamanan siber menjadi isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

KTT ASEM ke-12 tahun ini mengangkat tema 'Europe and Asia: Global Partners for Global Challenges'. Berbagai isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain perdagangan dan investasi, konektivitas, pembangunan berkelanjutan, serta iklim dan tantangan keamanan yang meliputi isu terorisme, tidak pro terhadap pengayaan senjata nuklir, keamanan siber, dan isu imigran gelap.

JK Hadiri KTT Asia-Eropa di Belgia, Bahas Terorisme-Keamanan SiberFoto: Wapres Jusuf Kalla di pembukaan Asia Eropa Meeting (ASEM) Summit ke 12 di Gedung Europe, Brussels, Belgia. (dok. Istimewa)
Menurut keterangan Juru Bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah, JK hadir di pembukaan KTT ASEM ke-12 di Gedung Europese Commission Building, Brussels, Belgia, pada Kamis (18/10/2018) bersama para pemimpin negara-negara Asia-Eropa. JK kemudian duduk bersebelahan dengan pemimpin delegasi negara India dan Irlandia. Ketiganya sempat bersalaman dan berbincang akrab.



"Ada yang menarik saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba dan bersalaman dengan Wapres JK. Kedua pemimpin delegasi itu terlihat akrab berbincang. Nampak official dari Jepang mencatat apa yang mereka perbincangkan," tulis Husain dalam keterangannya.

JK Hadiri KTT Asia-Eropa di Belgia, Bahas Terorisme-Keamanan SiberFoto: Wapres JK saat berbincang dengan PM Jepang Shinzo Abe (dok. Istimewa)
"Wapres JK yang sudah sering bertemu dengan PM Shinzo Abe terdengar mengucapkan terimakasih telah membantu Indonesia saat terjadi bencana alam dan membicarakan sesuatu dengan santai sebagaimana dua sahabat bertemu," lanjutnya.

Sebelum menghadiri pembukaan KTT ASEM tersebut, JK sempat menghadiri dua pertemuan Bilateral. Pertemuan pertama dengan Wakil Presiden 1 dan Komisioner Komisi Eropa Frans Timmermans, dan selanjutnya Perdana Menteri Yunani Aléxis Tsípras.




Tonton juga 'Jangan Cuma Berkiblat ke Barat untuk Cegah Terorisme':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed