DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 21:58 WIB

Ribuan Anak di NTB Terima Tabungan Sosial, Ini Fungsinya

Matius Alfons - detikNews
Ribuan Anak di NTB Terima Tabungan Sosial, Ini Fungsinya Foto: Anak-anak korban gempa di acara One Day for Children di Lombok. (Matius Alfons/detikcom)
Lombok Utara - Kementerian Sosial (Kemensos) telah memberikan tabungan sosial anak kepada 2.300 anak. Tabungan ini fungsinya untuk menyokong kehidupan anak-anak Nusa Tenggara Barat (NTB) pascagempa yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Diberikan tabungan sosial anak sebanyak 2.300 anak NTB diberikan itu tahun ini," kata Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Nahar saat diwawancarai di Lapangan Tanjung, Pamenang, Lombok Utara, Kamis (18/10/2018).

Nahar menjelaskan bahwa bantuan ini akan berfungsi untuk membantu kehidupan anak anak yang terkena bencana di NTB.



"Itu fungsinya untuk kebutuhan sekolah, dan kebutuhan pemeriksaan kesehatan anak," jelas Nahar.

Dana yang diberikan sebagai tabungan sosial anak ini berasal dari APBN Pusat dan APBN Dekon serta sudah mulai diberikan tahun ini.

"Langsung APBN Pusat dan melalui APBN Dekon untuk 2.300 anak se-NTB. Jumlahnya Rp 1 Juta per anak setiap tahun," ucap Nahar.

Selain bantuan tabungan sosial anak, Kemensos juga telah membantu melayani puluhan ribu anak-anak di NTB melalui 122 titik sekretariat bersama.

"Kita mencatat saat ini ada 122 titik dan melayani 14.872 anak yang dilayani sepanjang 2 bulan pasca gempa itu," imbuhnya.

"Fungsinya (sekretariat bersama) sebagai koordinasi, mencari solusi saat ada masalah, dan memberikan layanan masuk pada anak-anak," sambungnya.
(nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed