DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 18:35 WIB

PSI Sesalkan FPI Tolak Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PSI Sesalkan FPI Tolak Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom
Jakarta - FPI menolak digelarnya kegiatan Festival Gandrung Sewu 2018. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyesalkan penolakan FPI itu.

"Kalau FPI tetap menolak, ya silakan, hak mereka, tidak perlu datang, tapi jangan mengganggu, ini waktunya saling menghargai dan toleran," kata juru bicara PSI Guntur Romli dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/10/2018).


Guntur Romli mengatakan Festival Gandrung Sewu bertujuan mengharumkan nama Banyuwangi. Tak seharusnya festival yang menyajikan budaya asli daerah itu ditolak.

"Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sudah memfasilitasi semua festival, dari festival budaya, musik, seni, olahraga, kuliner, sampai ada Festival Santri. Ini semua mengharumkan nama Banyuwangi, jadi tidak perlu tolak-menolak," katanya.


Guntur Romli pun menegaskan partainya mendukung penuh Festival Gandrung Sewu. Dia berharap penolakan FPI itu tak akan mempengaruhi terselenggaranya festival itu.

Ketua DPW FPI Banyuwangi H Agus Iskandar membenarkan adanya pernyataan sikap tersebut.

"Benar, itu pernyataan sikap kami. Maksudnya adalah kami mengingatkan agar kita tidak diazab oleh Allah karena mengumbar kemaksiatan seperti itu. Kejadian bencana di Palu harus menjadi cermin bagi kita warga Banyuwangi," ungkap Agus kepada wartawan, Kamis (18/10/2018).


Ormas Islam di Banyuwangi menolak digelarnya kegiatan Festival Gandrung Sewu 2018. DPW FPI Banyuwangi mengeluarkan surat pernyataan sikap yang tertuang dalam surat No. 0003/SK/DPW-FPI Banyuwangi/II/1440 tertanggal 11 Oktober 2018.

Meski mendapat penolakan, Pemkab Banyuwangi memastikan, Festival Gandrung Sewu 2018 tetap digelar. Pemkab beralasan Tari Gandrung merupakan warisan seni dan budaya asli Banyuwangi yang saat ini sudah diakui dunia.
(mae/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed