DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 17:48 WIB

Tim Jokowi Laporkan Guru Nelty-Viral Anak Teriak Ganti Presiden ke KPAI

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Tim Jokowi Laporkan Guru Nelty-Viral Anak Teriak Ganti Presiden ke KPAI Timses Jokowi melapor ke KPAI. (Wildan/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin melaporkan peristiwa tindakan dugaan pelanggaran politik yang dilakukan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Dugaan pelanggaran yang dilaporkan itu terkait dengan anak atau siswa.

"Saya mewakili TKN Jokowi-Ma'ruf, kami dari Direktorat Hukum dan Advokasi hadir di KPAI dalam rangka melaporkan ke KPAI adanya dugaan pengeksploitasian anak dan memanfaatkan anak dalam kampanye dan kegiatan politik," kata Direktorat Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan, di kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).

Irfan menyebut TKN Jokowi-Ma'ruf hanya melaporkan peristiwanya, bukan melaporkan para pelaku. Ia berharap hal seperti itu tidak terjadi lagi.


"Kita melaporkan ke KPAI itu peristiwanya. Pertama di SMA 87, kedua tentang anak-anak berseragam Pramuka mengenai perkataan 2019 ganti presiden. Nah, peristiwa itu," kata Irfan.

Saat mengadu ke KPAI, TKN membawa surat pengaduan dan bukti dalam video. Surat pengaduan dan bukti itu diberikan kepada KPAI dan diterima oleh komisioner KPAI Siti Hikmawati.

Irfan menyebut TKN menyerahkan kepada KPAI agar menindaklanjuti kasus tersebut. Ia berharap tidak ada lagi kegiatan eksploitasi terhadap anak yang terjadi.


Dalam kesempatan yang sama, komisioner KPAI Siti Hikmawati menyebut akan menyelidiki permasalahan itu dengan jelas. Setelah jelas dan terbukti bersalah oleh KPAI, lembaganya akan membuat rekomendasi-rekomendasi dan ditujukan kepada pihak-pihak terkait.

"Kami terima dulu laporannya, kemudian karena di sini ada bukti, harus ditindaklanjuti. Itu kan ada peristiwa dan kita koordinasi dengan peristiwa ini," kata Siti.

Seperti diketahui, kasus guru Nelty yang dituding memberikan doktrin anti-Jokowi kepada muridnya kini masih berjalan di Bawaslu DKI. Sementara itu, soal viral anak-anak teriak 2019 ganti presiden belum diketahui di mana lokasinya.



Tonton juga 'Bawaslu Panggil Guru SMA 87 terkait Doktrin Anti-Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed