DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 17:25 WIB

Anies: Lapangan Tembak Senayan Berisiko, Akan Direlokasi

Indra Komara - detikNews
Anies: Lapangan Tembak Senayan Berisiko, Akan Direlokasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
FOKUS BERITA: Peluru Nyasar di DPR
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Lapangan Tembak Senayan akan direlokasi. Lapangan tembak direlokasi karena berisiko terhadap lingkungan sekitar.

"Kami melihat bahwa tempat ini memang punya risiko yang besar. Karena itu, lebih baik berada di tempat yang bebas dari risiko untuk kegiatan tembak-menembak. Karena latihan-latihan di situ punya potensi," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).


"Dan tadi saya lihat datanya. Ternyata memang ini bukan insiden pertama atau kedua, bahkan sudah berkali-kali terjadi. Jadi kemungkinan besar ujungnya akan ada relokasi," lanjut dia.

Anies menjelaskan keputusan merelokasi Lapangan Tembak Senayan akan diambil dalam waktu dekat. Pembahasannya melibatkan Setneg, Kemenpora, Pemprov DKI, dan Perbakin.


"Prosesnya sedang dijalani. Pembicaraannya lintas instansi. Setneg, Kemenpora, Pemprov DKI, kemudian Perbakin sebagai yang mengelola. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada kata final," jelasnya.

Anies menambahkan, jika Lapangan Tembak Senayan direlokasi, lahan itu akan diperuntukkan buat ruang terbuka hijau. Namun lokasi lapangan tembak yang baru belum ketahui.

"Dan di sana peruntukannya ini adalah ruang terbuka hijau. Dan itu tidak ada perubahan. Jadi ke depan tempat itu harus dipertahankan sebagai tempat terbuka hijau. Kita ingin lebih banyak hutan kota. Dan itu sudah terjadi, kan? Dulu ada driving range di situ. Kita ingin lebih banyak hutan kota di situ biar jadi paru-paru kota," tuturnya.


Anies mengatakan lahan Lapangan Tembak Senayan dimiliki Setneg, dikelola pihak GBK, dan peruntukannya ditentukan oleh Pemprov DKI. Sehingga keputusan merelokasi ada di pihak GBK. Anies mengatakan per hari ini sudah tak ada kegiatan di Lapangan Tembak Senayan.

"Sekarang tidak ada kegiatan. Dalam waktu dekat, kita ada putusan. Tapi bukan pada kami, ya. Wewenang itu ada pada GBK. Kalau status lahannya itu milik Setneg. Dikelola oleh GBK. Peruntukannya ditentukan oleh Pemprov," kata Anies.
(idn/jbr)
FOKUS BERITA: Peluru Nyasar di DPR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed