DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 17:07 WIB

Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Sumbawa Barat

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Sumbawa Barat Presiden Jokowi meninjau pembangunan rumah tahan gempa di Kab Sumbawa Barat. (Foto: Kris/Biro Pers Setpres)
Sumbawa Barat - Usai menyerahkan bantuan stimulan pembangunan rumah bagi korban gempa di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Jokowi langsung meninjau pembangunan rumah tahan gempa di kabupaten tersebut. Jokowi terkesan dengan konsep pembangunan yang dilakukan.

Pembangunan yang ditinjau Jokowi yakni Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di Kecamatan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat. RISHA merupakan salah satu teknologi pembangunan rumah tahan gempa yang ditawarkan kepada masyarakat Lombok yang ingin kembali membangun rumahnya setelah ambruk diguncang gempa.


Ada empat rumah yang sedang dibangun dengan sistem RISHA tersebut. Jokowi terlihat sempat berbincang dengan pemilik rumah. Pantauan detikcom, Rumah tersebut terdiri dari rangka baja ringan. Sementara bagian tiangnya terdiri dari beton lengkap dengan mur dan baut sebagai penyambung.

"Ini salah satu rumah yang telah dibangun. Tadi saya tanya ke pemilik baru empat hari dibangun. Artinya memang cepat sekali," ujar Jokowi.

Jokowi juga sempat bertanya ke seorang pemilik rumah terkait dengan alasannya memilih RISHA untuk membangun kembali rumahnya. Pemilik rumah menjelaskan alasannya karena pembangunan tersebut bisa cepat dilakukan.


"Saya tadi tanya ke pemilik kenapa membangunnya rumah ini? Biar cepat selesai, selesai dihuni. Saya rasa semua inginnya seperti itu," ujar Jokowi.

Namun, Jokowi mengatakan, pemerintah tetap memberikan pilihan kepada masyarakat NTB yang ingin kembali membangun tempat tinggalnya. Apakah menggunakan sistem RISHA atau membangun rumah konvensional dengan kayu atau bahan-bahan lainnya. Yang terpenting, kata Jokowi, rumah yang dibangun harus tahan gempa.

"Tapi rakyat diberikan pilihan-pilihan. Silakan memilih yang RISHA, atau yang konvensional pakai kayu. Pilihan itu silakan rakyat yang menentukan," kata Jokowi.

Informasi yang diterima detikcom, pembangun sistem RISHA didesain untuk mampu menahan guncangan gempa besar dan mampu dibangun dengan cepat. Ini merupakan karakteristik pembangunan rumah yang dibutuhkan masyarakat Lombok saat ini.




Tonton juga 'Fasilitas Wah Posko Kesehatan PMI di Lokasi Bencana':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed