DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 14:23 WIB

Polri Tegaskan Tak Ada Intervensi di Muktamar Pemuda Muhammadiyah

Ibnu Hariyanto - detikNews
Polri Tegaskan Tak Ada Intervensi di Muktamar Pemuda Muhammadiyah Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PP Pemuda Muhammadiyah menyurati Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengklarifikasi isu adanya intervensi pada Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII. Polri menegaskan tidak ada intervensi dalam muktamar yang akan digelar pada 25-28 November 2018 di DIY.

"Tetapi kalau kita intervensi saya kira tidak. tidak memilih satu atau menggiring salah satu calon," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto usai menghadiri kuliah umum di Universitas Borobudur, Jakarta Timur, Kamis (18/10/2018).

Setyo mengatakan Polda DIY hanya melakukan prosedur yang biasa dilakukan terkait kegiatan di wilayha. Polri hanya mengecek dan mendata jumlah peserta yang akan hadir dalam kegiatan tersebut.





"Jadi tidak hanya Pemuda Muhammadiyah saja, ketika ada organisasi pemuda yang akan melakukan munas, melakukan kegiatan pusat pasti teman-teman (Polri) di wilayah melakukan komunikasi juga. Paling tidak siapa saja yang berangkat, siapa-siapa yang mewakili daerah tersebut itu menjadi hal yang biasa," ujar Setyo.

"Paling tidak kita tahu bahwa siapa-siapa mewakili wilayah itu," imbuhnya.

Surat ke Kapolri dikirim Pemuda Muhammadiyah pada Rabu (17/10) siang. Surat itu sudah diterima Mabes Polri.

Sebelumnya, Ketum Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkap soal dugaan intervensi kepolisian terkait Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang akan digelar akhir November. Dahnil tak mau Pemuda Muhammadiyah dipolitisasi.





"Seperti teman-teman ketahui, posisi saya sebagai koordinator juru bicara tim Prabowo-Sandi itu tidak terkait dengan posisi lain saya sebagai Ketua Umum Pusat Pemuda Muhammadiyah. Pemuda Muhammadiyah secara institusional itu netral. Jadi tidak ada kaitannya posisi saya sebagai jubir dan pendukung Prabowo-Sandi dengan posisi saya sebagai Pemuda Muhammadiyah," kata Dahnil di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (16/10).



Saksikan juga video 'Polri Bantah Ada Intervensi Muktamar Pemuda Muhammadiyah':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed