DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 13:59 WIB

Tiba di Lombok, Istri Mensos Tinjau Rumah Aman Anak Bumi Gora

Matius Alfons - detikNews
Tiba di Lombok, Istri Mensos Tinjau Rumah Aman Anak Bumi Gora Istri Mensos di RPSA Bumi Gora (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Istri Menteri Sosial Loemongga Agus Kartasasmita mengunjungi Lombok dalam rangka menghadiri acara One Day for Children. Sebelum itu, Loemongga menyempatkan diri meninjau rumah aman anak Bumi Gora, Lombok Barat.

Berdasarkan pantauan detikcom, Kamis (18/10/2018), Loemongga tiba di lokasi sekitar pukul 12.40 Wita. Kedatangan Loemongga yang didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto disambut dengan nyanyian selamat datang dan diberikan kain Lombok.


Loemongga meninjau satu per satu ruangan di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Bumi Gora. Termasuk di antaranya delapan ruang tidur bayi.

Bahkan Loemongga menyempatkan menggendong salah satu bayi berusia 10 hari. Dia juga menanyakan soal kabar dan kesehatan bayi-bayi yang ada di RPSA.

Tiba di Lombok, Istri Mensos Tinjau Rumah Aman Anak Bumi GoraFoto: Matius Alfons/detikcom
Ketua RPSA Bumi Gora Lombok Agnes Rosalia menjelaskan, RPSA Bumi Gora merupakan rumah perlindungan untuk anak anak korban bencana, korban kekerasan fisik dan kekerasan seksual.

"RPSA ini awalnya hanya anak laki laki, namun Undang-Undang mengamanahkan untuk melindungi anak secara total maka berkembang RPSA ini. Ada 16 anak di atas balita, bayi ada 8, balita ada 3, yang dalam kondisi hamil ada 4," ujar Agnes di lokasi.


Agnes menambahkan awalnya bayi juga belum diterima di RPSA, namun maraknya kasus kekerasan seksual dan bayi yang ditolak kemudian RPSA menerima bayi.

"Mau tidak mau kalau bayi bayi ini tidak kita rawat akan jadi masalah sosial lagi," imbuhnya.

Istri Mensos dijadwalkan menghadiri acara Acara One Day for Children yang memang digelar oleh Kemensos. Kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk perhatian terhadap anak-anak sekaligus upaya memenuhi hak hidup anak-anak. Direncanakan acara tersebut akan dihadiri oleh 1.200 anak-anak di Lombok.



Saksikan juga video 'Akhirnya, Bantuan Pertama Kemensos Tembus Balaesang Tanjung':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed