DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 13:39 WIB

Saat Latihan, Tersangka Tembakan Nyasar Rencana Pakai 450 Peluru

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Saat Latihan, Tersangka Tembakan Nyasar Rencana Pakai 450 Peluru Ilustrasi peluru nyasar di Gedung DPR (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Peluru Nyasar di DPR
Jakarta - Tersangka peluru nyasar ke Gedung DPR berinisial IAW dan MRY rencananya akan menembakkan 450 peluru saat latihan di lapangan tembak Senayan. Namun peluru tersebut tak semuanya digunakan.

"Dia kan menggunakan, membeli 9 dus. Satu dusnya ada 50 butir. Dia sudah menembakkan 290-an lebihlah. Dari peluru itulah masih akan kita dalami daripada pelaku tersebut," Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (18/18/2018).

Argo mengatakan beberapa peluru itu nyasar ke gedung DPR karena tersangka IAW gugup saat menggunakan senjata glock 17 yang dimodifikasi. Jumlah peluru nyasar ke gedung DPR itu masih diselidiki polisi.




"Kita masih dalami, karena banyak tembakannya dia," ujarnya.

Selain itu, polisi juga berencana untuk memeriksa pihak dari lapangan tembak Senayan. Polisi ingin menggali terkait kronologi kejadian.

"Tentunya kita nanti akan periksa semua yang berkaitan ya. Diperiksa semua, saya belum mendapatkan informasi apakah sudah diperiksa atau belum.Tapi nanti akan kita periksa untuk mengetahui daripada peristiwa tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, IAW dan RMY ditetapkan tersangka karena diduga lalai dan dijerat dengan Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Barang bukti yang diamankan dalam kasus ini adalah satu pucuk senjata api jenis glock 17, 9×19 buatan Austria, warna hitam cokelat, 3 buah magazine berikut 3 kotak peluru ukuran 9×19. Selain itu, polisi juga menyita satu pucuk senjata api merek AKAI Costum buatan Austria kaliber 40 warna hitan, dua buah magazine, berikut 1 kotak peluru ukuran 40.
(knv/dhn)
FOKUS BERITA: Peluru Nyasar di DPR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed