DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 13:35 WIB

Pantau Harga Sembako di Pasar, Rommy: Harga-harga Stabil

Akfa Nasrulhak - detikNews
Pantau Harga Sembako di Pasar, Rommy: Harga-harga Stabil Foto: Dok PPP
Jakarta - Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy mengunjungi pasar tradisional Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Saat berdialog dengan sejumlah pedagang, ia ia menemukan bahwa harga-harga kebutuhan pokok seperti telur, bawang, daging dan lainnya relatif stabil.

Menurut Rommy, pedagang juga tidak mengalami kesulitan untuk memperoleh barang dagangan karena pasokan selama ini lancar.

"Saya mengecek sejumlah harga sembako, dan sejauh ini setelah bertanya dengan para pedagang, harga-harga stabil dan relatif tidak ada kenaikan harga. Salah satunya adalah bawang merah yang tidak naik sejak Hari Raya Idul Adha lalu yaitu Rp 15 ribu/kg," kata Rommy, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/10/2018).


Memang ada sejumlah barang yang naik, namun tidak signifikan. Salah satunya adalah tomat yang menurut Rommy naik dari Rp 4.000/kg menjadi Rp 5.000/kg.

Rommy menyebut bahwa harga-harga yang stabil ini menunjukkan peran pemerintah yang berhasil mengendalikan harga. Bahkan pemerintah dalam dua bulan terakhir mampu menurunkan harga kebutuhan pokok atau mencatatkan deflasi. Pada September lalu misalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terjadi penuruna harga atau deflasi sebesar 0,18%.

"Harga yang stabil ini sesuai dengan data BPS yang menunjukkan deflasi sebesar 0,18%. Hal juga menunjukkan prestasi pemerintah dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok," jelas Rommy.


Rommy menambahkan bahwa pasar tradisional merupakan salah satu cerminan geliat ekonomi masyarakat Indonesia. Karena di pasar inilah mereka umumnya belanja kebutuhan sehari-hari. Stabilnya harga kebutuhan pokok di pasar tradisional juga menunjukkan bahwa masyarakat tidak tetap bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya lebih dari sebelumnya.

Stabilnya harga pangan ini menurut Rommy menunjukkan bahwa penurunan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS beberapa hari ini tidak berpengaruh pada kenaikan harga kebutuhan pokok.


Saksikan juga video 'Ketum PPP Berkostum Gatot Kaca, Sekjennya Arjuna':

[Gambas:Video 20detik]


(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed