DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 11:54 WIB

NasDem soal Esemka: Dulu Ditanya, Sekarang Dicurigai

Tsarina Maharani - detikNews
NasDem soal Esemka: Dulu Ditanya, Sekarang Dicurigai Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago (Foto: dok pribadi)
Jakarta - Rencana peluncuran mobil Esemka dikritik kubu oposisi karena diragukan keasliannya. Partai NasDem heran.

"Waktu belum selesai ditanyakan, di-bully. Setelah selesai dan akan diluncurkan dicurigai," kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Kamis (18/10/2018).

Irma meminta tim di koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membersihkan hati dan pikiran. Dia juga mengingatkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah--yang juga mengkritik Esemka--agar mencari kebenaran terlebih dahulu.

"Bersihkan hati, agar pikiran bersih dan jiwa raga sehat sebagai pemimpin yang jadi teladan," ujarnya.

"Fahri sebagai wakil pimpinan DPR sebaiknya tabayyun, jangan koar-koar dulu sebelum ada data yang clear," lanjut Irma.




Sebelumnya, banyak yang mencurigai mobil Esemka hanya sekedar ganti emblem saja dari China. Ini dikarenakan, beberapa jenis Esemka memiliki kemiripan dengan mobil buatan negara tirai bambu itu.

Pihak oposisi menyoroti permasalahan ini, apalagi Esemka kembali ramai dibicarakan menjelang Pilpres 2019. Ada yang menduga kemunculan Esemka kembali untuk menaikkan elektabilitas Jokowi.

"Informasinya menjelang Pemilu mobil Esemka akan di-launching, seperti mobil pikap itulah, di desa-desa nanti untuk pertanian. Juga, apakah benar saya dengar akan ada keinginan pembelian itu nanti dimobilisasi oleh instansi-instansi pemerintah. Ini harus diteliti dulu, pertama apakah benar mobil itu benar-benar buatan dalam negeri atau tidak. Diteliti mesinnya dari mana, buatan anak negeri atau diimpor, rangka dibangun di mana, ini harus diteliti," ucap anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade, Rabu (17/10).


Saksikan juga video 'Fahri: Jangan-jangan Mobil Esemka Diimpor Terus Distempel Gitu':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed