DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 22:57 WIB

Hadiri KTT ASEM Ke-12, Wapres JK Bertolak ke Belgia

Rina Atriana - detikNews
Hadiri KTT ASEM Ke-12, Wapres JK Bertolak ke Belgia Wapres JK (Noval Dhwinuari Anthony/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertolak ke Belgia malam ini. JK akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Eropa (ASEM) Ke-12 pada 18-19 Oktober 2018.

Juru bicara Wapres JK, Husain Abdullah, mengatakan Wapres ke Brussel ditemani istri Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan terbatas. Wapres lepas landas dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 21.05 WIB.

Wapres dan rombongan akan transit di Singapura kira-kira 1,5 jam. Setelah itu, melanjutkan penerbangan sekitar 14 jam menuju Belanda, yakni di Bandara Internasional Schiphol.

Dijadwalkan Wapres dan rombongan tiba di Belanda pada Kamis (18/10) sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

"Kemudian, Wapres beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan menggunakan kereta api Thalys 9340 menuju Brussel, Belgia, dari Stasiun Amsterdam CS pada pukul 11.17 waktu setempat, dengan waktu tempuh selama 1 jam 51 menit, dan diperkirakan tiba pada pukul 13.08 waktu setempat," tutur Husain.

Menjelang sore hari, Wapres JK akan mulai mengikuti rangkaian KTT ASEM Ke-12. Tak hanya itu, selama di Belgia, JK juga akan bertemu dengan WNI di sana dan melakukan sejumlah pertemuan bilateral.

"KTT ASEM Ke-12 akan menyatukan kepala negara/pemerintahan dari 51 negara Eropa dan Asia. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk akan memimpin KTT ini. Sementara itu, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker akan mewakili Uni Eropa di KTT tersebut," ujar Husain.

"Diskusi akan berfokus pada tema 'Eropa dan Asia: Mitra Global untuk Tantangan Global'. Para pemimpin negara-negara Eropa dan Asia akan berusaha memperkuat dialog dan kerja sama di antara dua benua dalam berbagai bidang," jelasnya.

Direncanakan rombongan akan kembali ke Jakarta pada Sabtu (20/10) sore waktu setempat.




(rna/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed