DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 22:29 WIB

Kata KPK soal Beda Meikarta dengan Hambalang

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kata KPK soal Beda Meikarta dengan Hambalang Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Proyek Meikarta tetap berlanjut meski diselimuti perkara suap. KPK sebelumnya menangani perkara suap terkait Hambalang, proyeknya dihentikan. Bagaimana dengan Meikarta?

"Jangan samakan proyek Hambalang dengan proyek yang sedang ditangani saat ini karena proyek Hambalang didanai oleh APBN. Itu dua hal yang berbeda," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

Febri mengatakan saat ini penyidikan KPK berfokus pada proses perizinan proyek Meikarta. Salah satu yang ditelisik KPK berkaitan dengan pelaksanaan proyek yang diduga dilakukan sebelum terbit izin mendirikan bangunan (IMB).




"Proses penyidikan akan terus berjalan (meski proyek terus berjalan). Kami harap pihak lain tidak melakukan upaya-upaya yang bisa menghambat upaya penanganan perkara," ujar dia.

KPK menetapkan sembilan orang tersangka suap perizinan proyek Meikarta. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi, termasuk Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, diduga menerima Rp 7 miliar sebagai bagian dari fee fase pertama yang bernilai total Rp 13 miliar.




(dhn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed