DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 20:21 WIB

KPK Temukan Kode Baru Suap Meikarta: Babe

Ahmad Bil Wahid - detikNews
KPK Temukan Kode Baru Suap Meikarta: Babe Gedung KPK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK kembali menemukan kode dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta. Setelah kode 'tina toon', 'windu', 'melvin', dan 'penyanyi', kini muncul kode 'babe'.

"Kami menemukan kode baru dalam proses pengurusan izin Meikarta tersebut, yaitu 'babe'," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

KPK masih menelusuri makna di balik kode tersebut. "Tentu akan ditelusuri lebih lanjut, kode itu mengarah pada siapa dan peranannya apa," ujar Febri.





Penggunaan kode dalam kasus ini sebelumnya dibeberkan KPK, seperti 'tina toon', 'melvin', 'windu', dan 'penyanyi'. Selain penerima suap, Febri menyebut pemberi suap pun memiliki kode.

"Pihak pemberi yang salah satunya misalnya petinggi dari Lippo Group itu juga ada kodenya. Bupati sebagai pihak paling tinggi di pemerintahan kabupaten juga ada, termasuk juga aktor lain," sebut Febri.

"Kalau ada pihak-pihak tertentu mengelabui untuk transaksi, saya kira hal tersebut tidak akan berhasil," imbuh Febri.

KPK menetapkan sembilan orang tersangka suap perizinan proyek Meikarta. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi, termasuk Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, diduga menerima Rp 7 miliar sebagai bagian dari fee fase pertama yang bernilai total Rp 13 miliar.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed