DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 19:23 WIB

Polisi Teliti Keterangan Ratna dan Saksi di Kasus Hoax Penganiayaan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi Teliti Keterangan Ratna dan Saksi di Kasus Hoax Penganiayaan Ratna Sarumpaet (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya mengevaluasi seluruh keterangan tersangka Ratna Sarumpaet dan sejumlah saksi dalam kasus hoax penganiayaan. Keterangan itu disinkronkan dengan barang bukti yang didapat polisi.

"Berkaitan dengan tersangka RS, hari ini dari penyidik sedang mengumpulkan, mengevaluasi, semua keterangan saksi yang dituangkan dalam berita acara. Kemudian kami melihat barang bukti dan kemudian keterangan tersangka tadi juga dipaparkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (17/10/2018).


Penyidik, menurut Argo, akan menentukan perlu atau tidaknya memanggil saksi lain. Jika merasa telah cukup, penyidik akan segera melakukan pemberkasan.

"Kemudian dicek kembali apakah masih ada keterangan-keterangan saksi yang harus kita mintakan keterangan kembali. Dengan pasal yang dipersangkakan kepada RS Pasal 14 UU No 1 Tahun 86 (cek). Jadi evaluasi. Jadi misalnya dari hasil evaluasi nanti sudah dirasa cukup oleh penyidik, maka akan kami lakukan pemberkasan. Setelah selesai, baru kita kirim ke penuntut umum," ujarnya.

Namun, kata Argo, penyidik juga tak menutup kemungkinan untuk memanggil saksi lain jika keterangan dari saksi masih dirasa belum cukup.

"Di dalam evaluasi tadi, jika masih dibutuhkan keterangan-keterangan lain, nanti akan kita lakukan pemeriksaan kembali, entah itu tambahan atau lanjutan," tuturnya.


Polisi sebelumnya memeriksa Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Amien Rais, dan Plt Kadisparbud DKI Asiantoro. Ikut juga diperiksa driver dan staf Ratna Sarumpaet.

Selain itu, polisi sudah memeriksa Koordinator Juru Bicara Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional BPN Nanik S Deyang.
(knv/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed