DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 19:10 WIB

Kasus Senpi Ilegal Pria Bunuh Diri di Jakbar Disetop Polisi

Nur Azizah - detikNews
Kasus Senpi Ilegal Pria Bunuh Diri di Jakbar Disetop Polisi Senjata ilegal di kamar Ommy yang tewas bunuh diri (Azizah/detikcom)
Jakarta - Ommy Waisa Andrian (43), pemilik sejumlah senpi ilegal, tewas bunuh diri dengan menembak kepalanya di Apartemen Mediterania, Jakarta Barat. Kasus kepemilikan senpi ilegal Ommy pun tak bisa diusut polisi karena Ommy meninggal.

"Sesuai dengan Pasal 77 KUHP bahwa tuntutan terhadap tersangka gugur karena tersangka meninggal dunia, sehingga kasus ini tidak bisa kita lanjutkan karena tersangka meninggal dunia," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi di Mapolres Jakarta Barat, Slipi, Rabu (17/10/2018).

Hengki menyebut, apabila tidak meninggal, Ommy bisa bisa dijerat dengan Undang-Undang Darurat terkait dengan kepemilikan senjata. Semasa hidup, Ommy diketahui adalah seorang wiraswasta. Polisi masih mendalami dari mana Ommy mendapatkan senjata-senjata tersebut.



"(Pekerjaan Ommy) wiraswasta ya, tapi sekali lagi ini pemeriksaan berkesinambungan. Kami akan lakukan pendalaman dan penyelidikan lebih lanjut. Apabila lebih mungkin, kami akan cari siapa yang menyebar senjata ini, yang jelas sampai ke Indonesia, sampai ke Jakarta, sampai ke masyarakat sipil yang tidak seharusnya menggunakan senjata standar militer," jelas Hengki.

Ommy diketahui memiliki sejumlah senjata api, di antaranya senjata laras panjang tipe M4, yang merupakan standar militer, senjata Hunter CZ-43, dan senjata jenis Beretta Tomcat, yang digunakannya untuk bunuh diri. Polisi juga mengamankan ratusan peluru kaliber 45 mm, 9 mm, dan 5,56 mm dari kamar Ommy. Polisi belum bisa meminta keterangan kepada pihak keluarga lantaran masih syok atas kematian Ommy.

"Kami sedang dalami ya, tentunya keluarganya sedang syok," ujarnya.

Sebelumnya, Ommy Waisa Andrian (43) ditemukan tewas dengan luka tembak, di Tower 2 Unit Kenanga Lantai 25 KF, Apartemen Mediterania, Jakarta Barat. Dia diduga bunuh diri. Ommy bunuh diri pada Selasa (16/10) pukul 14.30 WIB.
(rvk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed