DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 17:45 WIB

Steffy Burase Pernah Tanya ke Irwandi: Salah Aceh Marathon Apa?

Indra Komara - detikNews
Steffy Burase Pernah Tanya ke Irwandi: Salah Aceh Marathon Apa? Fenny Steffy Burase (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Fenny Steffy Burase mengaku pernah bertanya langsung ke Irwandi Yusuf soal perkara suap yang menjerat Gubernur Aceh nonaktif itu. Steffy menanyakan tentang kegiatan Aceh Marathon yang memang diurusnya.

"(Saat bertemu Irwandi di KPK) saya nggak tanya soal penangkapan, tapi saya bilang di mana salahnya Aceh Marathon? Kenapa jadi kasus KPK? Pertanyaan saya seperti itu," ujar Steffy saat dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan praperadilan Irwandi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).
Pengacara Irwandi, Santrawan T Paparang, kemudian menanyakan tentang penangkapan Irwandi. Saat itu Steffy mengaku sedang rapat terkait kegiatan Aceh Marathon.

"Ini hoax apa nggak ya Pak Gubernur dibawa KPK. Tengah malam dikabarin oleh salah satu anggota karena kami sama-sama sedang menunggu kabar dari anggota dari Pak Kadis," kata Steffy.

Sementara itu tim biro hukum KPK menanyakan soal hubungan Steffy dengan Irwandi. Steffy menegaskan bila dirinya dengan Irwandi bukanlah suami-istri.

"Suami-istri tidak. Dekat iya, tidak suami-istri tapi dekat," ujar Steffy.

Urusan hubungan Steffy dengan Irwandi memang sebelumnya dipaparkan KPK dalam jawaban atas permohonan praperadilan itu. KPK memaparkan kaitan antara keduanya untuk membuktikan pengaruh Steffy kepada pihak-pihak yang menjadi anak buah Irwandi selaku gubernur, maupun pihak di luar lingkungan Pemprov Aceh.
"Bahwa berdasarkan beberapa BAP dan percakapan WA dari telepon genggam Steffy Burase membuktikan bahwa sejak 8 Desember 2018 Irwandi Yusuf dan Steffy Burase telah terikat hubungan suami-istri dan telah diketahui oleh pejabat di lingkungan Provinsi Aceh, sehingga sebagai seorang istri Steffy Burase mempunyai kesempatan mengenal dan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang dekat dan mempunyai hubungan kerja dengan Irwandi Yusuf bahkan dengan leluasa Steffy Burase meminta sejumlah uang dari Syaiful Bahri," sebagaimana dikutip dari Jawaban KPK yang sudah disampaikan pada persidangan praperadilan yang terbuka untuk umum di PN Jakarta Selatan.

"Berdasarkan uraian sebagaimana tersebut di atas, menunjukkan kedekatan hubungan antara pemohon dengan Steffy Burase, keleluasaan Steffy Burase dalam meminta sejumlah uang kepada Syaiful Bahri dan adanya pesan dari pemohon mengenai proyek Dispora dengan pagu Rp 3,2 miliar," lanjutnya.

Namun belakangan Irwandi membantah pernah menikah dengan Steffy. Segendang sepenarian, Steffy pun membantah, tetapi mengamini kedekatannya dengan Irwandi.
(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed