DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 16:46 WIB

Temui JK, Ombudsman Minta Penguatan Lembaga

Rina Atriana - detikNews
Temui JK, Ombudsman Minta Penguatan Lembaga Foto: Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai. Fotografer: Rina/detikcom
Jakarta - Ombudsman RI menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantor Wapres. Salah satu yang dibahas adalah mengenai usulan penguatan lembaga Ombudsman RI.

"Satu hal yang kami tegaskan meminta perhatian kepada pemerintah terkait dengan penguatan Ombudsman," kata Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai, di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).

Menurut Amzulian, belakangan ekspektasi masyarakat kepada Ombudsman semakin meningkat. Ombudsman pun berharap setiap rekomendasi yang dikeluarkan Ombudsman diperhatikan agar pelayanan publik menjadi lebih baik.


"Di satu sisi ekspektasi kepercayaan Ombudsman semakin meningkat. Tadi rapat dengar pendapat dengan DPR RI disampaikan betapa harapan masyarakat kepada Ombudsman untuk dapat memastikan bahwa Birokrasi kita ini melayani dan bekerja dengan sebaik-baiknya," tutur Amzulian.

"Di sisi lain, sulit bagi Ombudsman kalau produk terakhirnya rekomendasi itu tidak mendapat perhatian yang patut dari birokrasi, penyelenggara pelayanan publik. Mestinya rekomendasi itu menjadi perhatian," tuturnya.

Amzulian menjelaskan Wapres Jusuf Kalla menyambut baik mengenai usulan penguatan Ombudsman. Hanya saja, Ombudsman juga disarankan untuk lebih mensosialisasikan diri mengenai tugasnya kepada masyarakat.



"Bapak wapres menyambut baik dan mendukung dan beliau akan dengan kewenangan beliau menindaklanjuti juga termasuk kepada institusi yang beliau anggap penting untuk memperhatikan rekomendasi itu," jelas Amzulian.

"Catatan lain tentu beliau berharap Ombudsman bahwa Ombudsman juga lebih mensosialisasikan diri, publik memahami tugas dan kewenangannya dan apa yang menjadi kewenangan besar yang dimiliki di dalam UU tentang pelayanan publik," pungkasnya.
(rna/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed