DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 16:36 WIB

Idrus Marham: Tanya Bu Eni, Pernah Kasih Uang ke Saya?

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Idrus Marham: Tanya Bu Eni, Pernah Kasih Uang ke Saya? Idrus Marham/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Idrus Marham membantah menerima fee terkait kasus suap proyek PLTU Riau-1.

"Ah dari mana, nggak, nggak tahu saya. Biarkan tanya Bu Eni aja dengan Pak Kotjo, jangan tanya saya," kata Idrus di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

"Kalau saya tanya nanti bilang apakah dikasih uang, (jawab) nggak, wah Pak Idrus nyangkal. Tanya aja Bu Eni, pernah nggak ngasih uang ke saya? tanya Pak Kotjo pernah nggak ngasih uang ke saya? itu lebih bagus," imbuhnya.

Jaksa pada KPK sebelumnya menyebut mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih meminta uang ke pengusaha Johannes B Kotjo untuk kepentingan Munaslub Golkar. Idrus Marham yang saat itu menjabat sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar disebut berperan.






"Eni Maulani Saragih selaku Bendahara Munaslub Golkar meminta sejumlah uang pada terdakwa dengan alasan untuk digunakan dalam Munaslub," ucap jaksa KPK Ronald Ferdinand dalam sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

"Guna meyakinkan terdakwa (Kotjo), Idrus Marham juga menyampaikan, 'Tolong dibantu ya'. Selanjutnya permintaan Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham tersebut disanggupi terdakwa," imbuh jaksa.

Kotjo merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited yang mendapatkan proyek PLTU Riau-1 atas bantuan Eni. Uang untuk Eni kemudian dikirim Kotjo melalui anak buahnya, Audrey Ratna, yang diterima Eni melalui Tahta Maharaya.

Total ada Rp 4 miliar yang diberikan Kotjo pada Eni yaitu pada 18 Desember 2017 dan 14 Maret 2018. Selain itu, Eni disebut kembali meminta uang sebesar Rp 10 miliar untuk kepentingan pencalonan suaminya, M Al Khadziq, yang maju menjadi Bupati Temanggung.




Tonton juga 'Idrus: Kalau Ada Kader Golkar Ambil Uang, Kembalikan ke KPK':

[Gambas:Video 20detik]


(abw/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed