DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 15:40 WIB

Bongkar Pernikahan Irwandi-Steffy, KPK Bacakan 2 BAP Saksi

Indra Komara - detikNews
Bongkar Pernikahan Irwandi-Steffy, KPK Bacakan 2 BAP Saksi Fenny Steffy Burase (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK membongkar hubungan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dengan Fenny Steffy Burase yang disebut sudah menikah. Kedekatan keduanya diungkap KPK berkaitan dengan berbagai aliran suap untuk Irwandi.

Dalam jawaban KPK yang sudah disampaikan pada persidangan praperadilan Irwandi yang terbuka untuk umum di PN Jaksel, keduanya menikah siri pada 8 Desember 2017 di Jakarta. KPK membeberkan persoalan hubungan Steffy dengan Irwandi untuk mendukung argumen dalam menjawab gugatan praperadilan itu.
Sebelumnya dalam permohonannya, Irwandi mengaku baru mengenal Steffy saat berkunjung ke Moskow Festival di Rusia pada Juli 2017. Saat itu Irwandi meminta Steffy mempromosikan Aceh yang dibalas Steffy dengan usulan kegiatan Aceh Marathon.

Dalam prosesnya, Steffy disebut menghubungi seorang pengusaha Aceh bernama Syaiful Bahri untuk meminta uang sebesar Rp 39 juta. Irwandi mengaku tidak tahu sama sekali tentang hal itu.

Namun dalam jawaban KPK, Irwandi dan Steffy sebenarnya sudah saling kenal, bahkan sudah menikah. Menurut KPK, argumen yang disampaikan Irwandi dalam permohonan praperadilan itu agar Irwandi terhindar dari tuntutan hukum.

KPK mencantumkan pula keterangan 2 orang saksi yang diinisialkan F dan J. Keduanya mengaku hadir saat Irwandi dan Steffy menikah.

"Bahwa saksi (J) mengetahui hal tersebut karena saksi menghadiri acara akad nikah dan syukuran nikah mereka di salah satu apartemen di daerah Kebon Kacang di Jakarta," demikian seperti dikutip dari Jawaban KPK.
"Bahwa saksi tidak mengetahui siapa pihak penghulu yang menikahkan mereka. Namun akad nikah tersebut disaksikan dan dihadiri oleh kerabat dari kedua belah pihak yaitu pihak Irwandi Yusuf dihadiri oleh saksi dan saudara Syaiful Bahri dan pihak Fenny Steffy Burase dihadiri oleh kedua orang tua, saudara kandung, dan beberapa teman Fenny Steffy Burase," sambungnya.

Selain itu, KPK juga membeberkan isi pesan singkat yang dikirimkan Steffy ke istri Irwandi, Darwati A Gani. Dalam pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp (WA) itu, Steffy menanyakan izin Darwati pada Irwandi soal menikah lagi.

Namun belakangan Irwandi membantah pernah menikah dengan Steffy. Segendang sepenarian, Steffy pun membantah, tetapi mengamini kedekatannya dengan Irwandi.


Saksikan juga video 'Dicekal KPK, Inilah Sosok Cantik Steffy Tim Ahli Aceh Marathon':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed