Nelty Tak Bersalah, Disdik Serahkan ke Sekolah soal Izin Mengajar

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 17 Okt 2018 13:23 WIB
Foto: SMA 87 Jakarta/Arief Ikhsanudin detikcom
Jakarta - Tuduhan terhadap Nelty Khairiyah, guru SMAN 87 Jakarta, yang mendoktrin siswa untuk anti-Jokowi masih belum terbukti. Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyerahkan izin kembali mengajar terhadap Nelty ke sekolah.

"Belum (mengajar) sementara. Kalau tidak ngajarnya pada saat ini, kami ikuti apa yang menjadi keputusan sekolah dulu. Kalau sekolah bebaskan (mengajar), kami hormati," kata Plt Kepala Disdik DKI Jakarta, Bowo Irianto, di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).


Bowo mengatakan Pemprov DKI Jakarta masih menunggu hasil final dari penelusuran Bawaslu. Pihaknya belum akan memberi tindakan apapun kepada Nelty. "Kami ngikutin iramanya saja. Kami mengikuti arus yang berkembang," jelasnya.

Bowo hingga saat ini belum mengetahui pelapor Nelty. Dia berharap bila laporan tersebut salah tidak terulang kembali. "Kami belum bisa menemukan secara fix pasti siapa yang melapor siapa. Tapi itu tidak berhenti, jangan sampai seseorang terkena karena fitnah," terangnya.


Sebelumnya, Bawaslu DKI yang memeriksa siswa-siswa SMAN 87 tak menemukan pernyataan guru Neltymelakukan doktrin anti-Jokowi. Hasil pemeriksaan siswa ini menjadi salah satu dasar dalam merumuskan keputusan final Bawaslu terhadap kasus ini.

"Karena ini memang masih dalam proses ya, kami mintai keterangan. Sampai saat ini memang belum kami temukan fakta (doktrin anti-Jokowi) itu. Ya, kata-kata (anti-Jokowi) itu belum kami temukan," kata komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Puadi, di SMAN 87 Jakarta, Jl Mawar II, Bintaro, Jakarta, Selasa (16/10). (fdu/aan)