DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 11:25 WIB

Ini Beda 'Revolusi Putih' dengan 'Gerakan Emas' yang Diusung Prabowo

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Ini Beda Revolusi Putih dengan Gerakan Emas yang Diusung Prabowo Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Capres nomor urut 02 sekaligus Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengganti program 'Revolusi Putih' yang selama ini digaungkannya dengan 'Generasi Emas' yang kemudian diubah menjadi 'Gerakan Emas'. Apa beda keduanya?

"Gerakan Emas itu gerakan emak-emak dan anak minum susu. Jadi orientasinya pada penyediaan protein buat anak dan ibu miskin ya, karena ada tantangan serius buat masa depan Indonesia yaitu stunting growth itu," ujar Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzhar Simanjuntak, saat dihubungi detikcom, Rabu (17/10/2018).

"Orientasinya tentu bukan cuma minum susu, tapi juga kecukupan protein, kemudian pelibatan masyarakat. Jadi dia menjadi gerakan bersama," imbuhnya.



Dahnil menjelaskan, fokus dan orientasi 'Gerakan Emas' berbeda dengan 'Revolusi Putih'. Prabowo, katanya, ingin fokus 'Gerakan Emas' juga ditujukan terhadap sang ibu dan adanya keterlibatan masyarakat dalam penyediaan protein tersebut.

"Penyediaan protein anak-anak dan emak, keluarga miskin tapi dalam bentuk gerakan. Pak Prabowo keberatan kalau kemudian gerakan ini hanya dalam bentuk charity. Beliau ingin menjadi gerakan baik pada saat beliau menjadi presiden atau sebelum beliau menjadi presiden, beliau ingin dorong semua komponen masyarakat, untuk terlibat dalam menyiapkan kecukupan protein bagi keluarga-keluarga yang tidak mampu," paparnya.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini juga mengungkapkan, nantinya, istri sang cawapres Sandiaga Uno, Nur Asia, yang akan memimpin 'Gerakan Emas'. Rencananya, deklarasi gerakan itu akan dilakukan pada bulan ini.

"Bulan bulan ini ya. Saya belum dapat tanggalnya," ujar Dahnil.


Diberitakan sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto kembali mengusung gerakan menyalurkan dan memfasilitasi minum susu dan asupan protein lain dalam kampanyenya. Program yang dinamakan 'Generasi Emas' itu untuk menggantikan 'Revolusi Putih' yang digaungkan Prabowo sejak Pilpres 2009.

Untuk diketahui, gerakan 'Revolusi Putih' sebelumnya dimulai Prabowo di rumahnya di Bukit Hambalang, Kampung Gombong, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, yang juga terdapat lokasi peternakan kambing. Prabowo tak hanya memberikan susu kambing gratis, tapi juga biaya pendidikan.

"'Revolusi Putih' yakni program menyalurkan dan memfasilitasi anak keluarga miskin minum susu dan asupan protein yang lain, yang saat ini sudah didisain menjadi program pemerintahan pak Prabowo-Sandi nanti dengan nama yang berbeda yakni 'Generasi Emas' atau Generasi Emak-emak dan Anak Minum Susu," ujar Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzhar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/10).
(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed