DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 21:59 WIB

Panwas Jakbar Temukan Caleg Gerindra Diduga Kampanye di Sekolah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Panwas Jakbar Temukan Caleg Gerindra Diduga Kampanye di Sekolah Panwaslu Jakarta Barat menerima aduan dugaan pelanggaran caleg Gerindra Moh Arief di SMPN 127 (Foto: dok. Panwaslu Jakarta Barat)
Jakarta - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Barat menemukan dugaan pelanggaran kampanye caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra Moh Arief. Kampanye Arief diduga dilakukan di lingkungan SMPN 127 Jakarta Barat serta melibatkan guru selaku aparatur sipil negara.

Arief, yang saat ini masih menjadi anggota DPRD, mengumpulkan guru matematika dan seni budaya sewilayah 2 Jakarta Barat pada 3 Oktober 2018. Dalam sambutannya, dia menyampaikan dirinya kembali mencalonkan diri.

"Jadi dia menyatakan, ingatkan kembali tentang citra diri. Saya anggota DPRD dari Partai Gerindra nomor urut sekian, sekarang nomor saya berapa," ucap Ketua Panwaslu Jakarta Barat Oding Junaidi saat dihubungi, Selasa (16/10/2018).


Susai acara, caleg tersebut memberikan bingkisan kepada guru yang datang. Dalam bungkusan itu terdapat alat peraga kampanye.

"Dan saat lakukan kegiatan tersebut, membagikan suvenir berupa sarung yang di dalamnya ada stikernya," ucap Oding.

Atas kejadian itu, salah satu guru melapor kepada Panwaslu Jakarta Barat dan menyerahkan barang bukti berupa bingkisan sarung dan stiker yang dibagikan serta video dan rekaman suara saat Arief berpidato.

"Tadi sore rapat dengan Gakkumdu. Dengan polisi dan jaksa. Kita sudah naikkan status menjadi penyidikan. Artinya, sudah kita serahkan berkas perkara ke penyidik Polres Metro Jakarta Barat. Ke depan, dalam 14 hari ke depan, penyidik lakukan tugasnya (sampai pelimpahan kasus ke Kejaksaan Negeri Jakarta Barat)," ucap Oding.


Oding mengatakan Arief diduga melakukan pidana pemilu berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ada dua hal yang dilanggar Arief.

"Jadi dua, Pasal 521 juncto Pasal 280 ayat 1 huruf H tentang kampanye di tempat pendidikan. Kedua, Pasal 493, menunjuk, juncto Pasal 280 ayat 2, terkait ikut sertakan ASN dalam kampanye," kata Oding.
(aik/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed