DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 19:46 WIB

Siswa Teriak Ganti Presiden, Menpora: Ada yang Manfaatkan Pramuka

Andhika Prasetia - detikNews
Siswa Teriak Ganti Presiden, Menpora: Ada yang Manfaatkan Pramuka Menpora Imam Nahrawi (Noval/detikcom)
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi meminta Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengusut viral video anak-anak berseragam Pramuka teriak ganti presiden. Imam yakin ada pihak yang ingin memanfaatkan Pramuka.

"Peristiwa ini tentu suatu yang tidak boleh dilakukan karena di Pramuka sendiri betul ditanamkan jiwa yang bertanggung jawab, jiwa yang suci. Dan saya minta kepada Ketua Kwarnas yang baru Pak Buwas untuk menindaklanjuti, diusut, sampai siapa yang menggerakkan semua. Ini pasti ada motif tertentu yang memanfaatkan Pramuka," kata Imam di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).



Diharapkan, aktor yang memobilisasi anak-anak teriak ganti presiden terungkap. Imam menyayangkan apabila anak-anak dibujuk untuk berpolitik praktis.

"Makanya nanti Kwarnas akan melihat dan akan memastikan siapa di balik ini semua, aktor-aktor ini pasti akan ketahuan, karena di struktur Pramuka itu ada Kwarnas, kwarda, kwarcam, korgudep, pasti kelihatan. Motifnya apa di balik ini semua, tentu saya harus mengatakan ini betul-betul penunggangan terhadap anak-anak di bawah umur yang semestinya tidak diajak berpolitik," sebut Imam.

Dalam video itu terlihat beberapa orang dewasa. Salah satunya memimpin untuk memberikan aba-aba. Awalnya ia meminta anak-anak ini meneriakkan takbir ke hadapan kamera. Kemudian pria tersebut mulai meneriakkan soal '2019 ganti presiden'.

"2019...," teriak pria itu memberi aba-aba.

"Ganti presiden," balas anak-anak yang memakai baju Pramuka dengan semangat.
(dkp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed