DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 17:34 WIB

Kemlu Panggil Dubes Australia soal Rencana Kedubes Pindah ke Yerusalem

Azizah Rizki - detikNews
Kemlu Panggil Dubes Australia soal Rencana Kedubes Pindah ke Yerusalem Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO (Noval/detikcom)
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memanggil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan. Indonesia ingin menyampaikan sikap resmi terkait Australia yang berencana memindahkan kedutaan besar di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Iya, Duta Besar Australia untuk Indonesia sore ini diminta untuk datang ke Pejambon, ke Kementerian Luar Negeri. Tujuannya adalah kita menyampaikan sikap kita secara resmi kepada pihak Australia," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Ruang Palapa Kemlu, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).



Gary akan ditemui langsung oleh Menlu RI Retno Marsudi. Indonesia juga meminta penjelasan lebih detail mengenai apa yang disampaikan oleh Australia pagi ini terkait dengan Palestina.

"Ini kan tujuannya untuk menyampaikan sikap dan posisi kita dan meminta penjelasan," imbuhnya.



Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi angkat bicara terkait pernyataan PM Australia, Scott Morrison, yang terbuka terhadap usulan memindahkan Kedubes Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Indonesia mempertanyakan niat Australia itu.

"Kita memantau dari dekat pernyataan PM Australia terkait isu Palestina yang disampaikan pada pagi hari ini. Indonesia convince our strong concern on the announcement and questioned the merit of the announcement," kata Retno di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (16/10).
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed