DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 16:50 WIB

Daerah dengan Kerawanan Pemilu Tertinggi: Papua Barat, DIY, Sumbar

Tsarina Maharani - detikNews
Daerah dengan Kerawanan Pemilu Tertinggi: Papua Barat, DIY, Sumbar Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Komisi II DPR sore ini menggelar rapat bersama KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Salah satu agenda rapat ialah membahas persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Rapat digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10/2018). Rapat dipimpin Ketua Komisi II, Zainudin Amali.


Dalam rapat, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo memaparkan sejumlah hal terkait persiapan Pemilu 2019. Hadi menyebutkan tiga provinsi yang teridentifikasi memiliki tingkat kerawanan tertinggi: Papua Barat, Yogyakarta, dan Sumatera Barat.

"Provinsi dengan indeks kerawanan pemilu (IKP) tertinggi yang telah kita identifikasi adalah Provinsi Papua Barat dengan skor IKP 52,83% kemudian di daerah DI Yogyakarta dengan skor IKP 52,14%, Sumatera Barat dengan skor 51,21%," ujar Hadi.


Ia juga menyebutkan tiga provinsi dengan tingkat kerawanan terendah. Adalah Bangka Belitung, DKI Jakarta, dan Bali.

"Provinsi dengan indeks kerawanan pemilu terendah adalah Bangka Belitung dengan skor IKP 44,18%, DKI Jakarta 44,79%, Bali 46,71%," papar Hadi.

Dilansir dari situs Bawaslu, Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) merupakan suatu pendekatan untuk menyusun proyeksi potensi kerawanan pemilu berdasarkan data atau peristiwa yang sudah terjadi (post factum). Dalam mengukur potensi tersebut, dilakukan analisis terhadap kondisi terkini dalam suatu daerah dengan memperhatikan tahapan pemilu.
(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed