DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 14:34 WIB

Pembebasan Lahan untuk Normalisasi Terhambat, Ini Kata Pemprov DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pembebasan Lahan untuk Normalisasi Terhambat, Ini Kata Pemprov DKI Foto: Ilustrasi, Pemrov DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) tidak melakukan normalisasi sejak 2018 karena terkendala pembebasan lahan oleh DKI. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI mengatakan pembebasan lahan berhubungan dengan relokasi warga.

Sementara untuk merelokasi warga dibutuhkan ketersediaan rusun. Dinas SDA mengatakan akan fokus pengendalian banjir dengan mengeruk sungai dan waduk.

"Kalau jujur sampai kapan (pembebasan lahan), kan relokasi. Relokasi harus ada ketersediaan rumah susun. Ada simbiosis, ada yang lain. Kita harus cari alternatif lain," kata Kepala Dinas SDA Teguh Hendarwan di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).


Teguh mengatakan masih fokus pada pengendalian banjir di waduk dan situ dengan mengajukan anggaran Rp 850 miliar di APBD 2019. Dia mengatakan anggaran tersebut lebih rendah dari tahun 2018 agar penyerapan anggaran bisa lebih maksimal.

"Kita fokus ke rumah kita dulu, di mana itu, waduk, situ dan embung," tuturnya.

Sebelumnya, ada 8 aliran sungai di DKI Jakarta belum dinormalisasi sejak Februari 2018. Ada 129 kelurahan di sekitar aliran sungai itu yang berpotensi terendam banjir bila normalisasi tidak segera dilakukan.

"Semenjak tahun 2018 ini tidak ada lagi kegiatan normalisasi," kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah kepada wartawan, Selasa (9/10).


Bambang mengatakan target normalisasi kali sepanjang 33 kilometer. Namun saat ini pihaknya baru bisa melaksanakan 16 kilometer karena Pemprov DKI tak bisa membebaskan lahan.

"Iya, betul (nggak ada pembebasan lahan)," sebut Bambang.


Saksikan juga video 'Normalisasi Sungai Ciliwung Terkendala Pembebasan Lahan!':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed