DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 12:15 WIB

Gaji PNS Guru di Banten Belum Cair, Gubernur: Sabar!

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Gaji PNS Guru di Banten Belum Cair, Gubernur: Sabar! Gubernur Banten Wahidin Halim (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim meminta PNS guru tingkat SMA/SMK bersabar karena belum diberi gaji untuk Oktober 2018. Menurutnya, keterlambatan terjadi karena menunggu evaluasi APBD Perubahan yang dikirimkan oleh Kemendagri.

"Ya sabar. Cuma bulan ini lambat. Emang kenapa? Gua juga kasihan," kata Wahidin Halim kepada wartawan di Kota Serang, Banten, Selasa (16/10/2018).



Selain menunggu evaluasi APBD Perubahan, keterlambatan gaji untuk seluruh PNS guru terjadi karena, di APBD murni, Pemprov hanya menganggarkan gaji PNS untuk 10 bulan. Pertimbangannya, tim anggaran pemerintah daerah waktu itu berpikir menyediakan cadangan anggaran gaji guru ke-13 dan ke-14.

"Sekarang sudah kita anggarkan di perubahan. Cuma bulan ini lambat. (Kalau) belum sampai, besok berarti," ujarnya.



Atas keterlambatan ini, Wahidin sendiri enggan mengevaluasi dinas terkait. Keterlambatan ini terjadi akibat pejabat Bappeda yang sudah pensiun.

Keterlambatan pencarian gaji untuk PNS guru SMA/SMK se-Banten ini membuat mereka mengeluh. Bahkan ada sebagian guru di Pandeglang yang mesti berutang demi menutupi kebutuhan.

"Sama belum dapat (gaji). Nggak ada informasi apa-apa terpaksa minjem ke koperasi. Kata temen-temen yang lain belum pada cair," kata Kiki, salah satu guru SMA di Pandeglang.


Saksikan juga video 'Tuntut Kenaikan Gaji, Guru Mogok Mengajar dan Demo':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed