DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 09:33 WIB

Jubir Diperiksa Karena Hoax Ratna, Sandi Siapkan 100 Orang Pengganti

Indra Komara - detikNews
Jubir Diperiksa Karena Hoax Ratna, Sandi Siapkan 100 Orang Pengganti Foto: Cawapres Sandiaga Uno. Fotografer: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno menyiapkan 100 orang pengganti jubir yang diperiksa polisi karena kasus hoax Ratna Sarumpaet. Sandi mengatakan calon jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) dari para pegiat ekonomi.

"Saya sih nyiapin 100 lebih, itu anak-anak muda, para pegiat wirausaha sosial, pegiat ekonomi, pegiat ekonomi keumatan, seperti Gus Irfan pegiat ekonomi," kata Sandiaga di Masjid Jami Tangkuban Perahu, Setiabudi, Jakarata Selatan, Selasa (16/10/2018).


100 Orang jubir yang disiapkan Sandi ini untuk mem-back up Jubir BPN yang diperiksa, seperti Dahnil Anzar Simanjuntak dan Nanik S Deyang. Sandi mengatakan timnya akan kooperatif untuk dimintai keterangan polisi soal Ratna.

"Kami ikuti proses hukum, Pak Dahnil tadi malam sudah lapor ke saya, saya bilang silakan ikuti proses hukum dan karena beliau kan sendiri koordinator jubir," ujarnya.

Sandiaga menyebut salah satu sosok yang akan masuk sebagai jubir yakni Gus Irfan. Namun, Sandiaga belum mau menyebutkan nama lengkap dari Gus Irfan itu sendiri.

"Salah satunya akan melengkapi, nama lengkapnya akan dikasih tau tapi kita panggil Gus Irfan. Jadi itu nanti melengkapi tim jubir kita, supaya nanti banyak dipanggil Pak Dahnil maupun Bu Nanik, itu kan semua jubir kita. Itu nanti ada pengganti di badan pemenangan nasional," tutur Sandi.


Lebih lanjut, eks Wagub DKI itu menerangkan saat ini 100 orang calon jubir BPN masih proses penyaringan. Kebanyakan, calon jubir itu dari Relawan Sandiaga Uno.

"Lagi disaring saya minta doktor Gamal nanti, ini rata-rata teman-teman dari Sobat Sandi sih yang menyatakan ingin bergabung," katanya.

Penyidik Polda Metro Jaya memanggil Dahnil hari ini. Pemeriksaan Dahnil dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB. Dahnil akan dimintai keterangan sebagai saksi kasus hoax Ratna Sarumpaet.

Sebelumnya, Nanik S Deyang sudah menjalani pemeriksaan polisi sebagai saksi kasus hoax Ratna Sarumpaet. Nanik diperiksa karena salah satu orang yang memberitahukan hal tersebut kepada Prabowo Subianto.

"Jadi Bu Nanik ini perannya adalah dia yang memberitahukan adanya bahwa RS (Ratna Sarumpaet) dianiaya, memberitahukan kepada Pak Prabowo. Ini kita akan gali keterangannya seperti apa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.
(idn/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed