DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 07:27 WIB

Pesan Pidato 'Game of Thrones' Jokowi, PPP: Kondisi Politik Kacau

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Pesan Pidato Game of Thrones Jokowi, PPP: Kondisi Politik Kacau Foto: Tsarina Maharani/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pesan moral yang hendak dia sampaikan lewat pidato 'Game of Thrones' adalah bahwa tidak boleh melakukan kerusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan. PPP menyambut baik pesan tersebut.

Wasekjen PPP Ahmad Baidowi menilai pesan tersebut merupakan wujud imbauan simpatik dari Jokowi. Bahwa, di tahun politik ini, kontestasi jangan sampai menghasilkan hal yang destruktif.

"Artinya kepentingan rakyat dan keutuhan bangsa harus menjadi hal utama. Jangan sampai pertarungan dalam pemilu hanya menghasilkan konflik," ujar pria yang akrab disapa Awiek itu kepada detikcom, Selasa (16/10/2018).


Awiek juga menilai imbauan tersebut disampaikan Jokowi karena kondisi perpolitikan di Indonesia yang sedang kacau. Apalagi saat ini ujaran kebencian dan fitnah tengah meraja lela.

"Kondisi perpolitikan lagi 'kacau'. Di medsos sangat 'sadis' ujaran kebencian, hoax bahkan SARA seperti menjadi menu wajib medsos politik. Padahal berkontestasi tidak boleh seperti itu," katanya.

Awiek mengatakan, menang kalah dalam sebuah kontestasi politik, khususnya pemilu, adalah hal yang wajar. Untuk itu, dia berharap semua pihak dapat memahami pesan moral yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya tersebut.

"Karena menang-kalah itu sudah pasti dalam sebuah kontestasi pemilu. Yang selanjutnya adalah bagaimana kesejahteraan rakyat bisa tercapai dengan perjuangan bersama," ujar Awiek.


Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan soal pesan moral yang terkandung dalam pidato 'Game of Thrones' yang dia sampaikan saat pertemuan IMF-World Bank beberapa hari lalu. Dia menegaskan pidatonya itu juga ditujukan untuk elite politik di Indonesia.

Jokowi mengatakan pesan moral yang hendak dia sampaikan lewat pidato itu tentang konfrontasi dan perselisihan. Bahwa perselisihan itu bisa membawa penderitaan.

"Bahwa kekalahan maupun kemenangan dalam perang selalu hasilnya sama, yaitu dunia porak poranda. Tidak boleh melakukan kerusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan, tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan di tengah kehancuran. Itulah pesan moral yang ingin saya sampaikan di saat annual meeting itu," kata Jokowi, di kampus UKI, Cawang, Jakarta, Senin (15/10/2018).



Tonton juga video Soal Pidato 'Game of Thrones' Jokowi, Sri Mulyani: Out of The Box

[Gambas:Video 20detik]


(mae/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed