DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 17:30 WIB

Pertemuan IMF-WB Sukses, Gubernur Koster Terima Kasih ke Warga Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Pertemuan IMF-WB Sukses, Gubernur Koster Terima Kasih ke Warga Bali Koster-Ardhana (Foto: dok. detikcom)
Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi pihak-pihak yang telah membantu menyukseskan ajang pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali. Koster menyebut buah manis dari pertemuan itu adalah banyaknya kesepakatan kerja sama yang didapat pemerintah dan Bali.

"Sebagai Gubernur Bali, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat Bali yang telah memberikan dukungan dan partisipasi dalam mewujudkan suasana Bali yang kondusif, aman, nyaman, dan damai sehingga pertemuan IMF dan WB 2018 di Bali berlangsung dengan lancar dan sukses, tanpa ada insiden sedikit pun," kata Koster di kantornya, Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Bali, Senin (15/10/2018).

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada prajurit TNI dan Polri, khususnya Bapak Kapolda Bali dan Bapak Pangdam IX Udayana beserta jajarannya yang telah bekerja keras, luar biasa, untuk mengamankan seluruh rangkaian acara pertemuan tersebut," sambungnya.

Koster menambahkan, selain kerja sama antarpemerintah, Bali memetik keuntungan di sektor wisata. Sebab, meski pertemuan tersebut telah usai, masih banyak delegasi yang menghabiskan waktu untuk berlibur di Bali.

"Meskipun pertemuan sudah ditutup pada 14 Oktober 2018, pukul 16.00 Wita kemarin, sebagian delegasi pertemuan IMF dan WB masih berada di Bali, mengunjungi sejumlah objek di Bali, antara lain ke Desa Penglipuran dan Kintamani di Bangli, ke Ubud, ke Tanah Lot, ke Uluwatu, dan objek wisata lainnya," tuturnya.



Tak hanya itu, dia juga mencatat adanya peningkatan jumlah delegasi IMF-World Bank yang berkunjung ke Bali. Dari yang semula diperkirakan 34 ribu naik menjadi 36.619 orang.

"Ini merupakan pertemuan tahunan IMF-WB yang terbesar sepanjang sejarah. Kalau pertemuan sebelumnya yang berlangsung di Washington, Amerika Serikat, jumlah pesertanya 14 ribu, di Bali pertemuannya dihadiri 36.319 orang delegasi, naik dari rencana awal 34 ribu," ujar Koster.

"Pencapaian yang sukses besar ini secara tidak langsung semakin mengharumkan nama dan citra bangsa Indonesia dan khususnya Bali di hadapan masyarakat dunia," ucapnya.
(ams/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed